Sukses

7 Lagu Abadi Karya Yon Koeswoyo dan Koes Plus

Liputan6.com, Jakarta Yon Koeswoyo dipanggil Tuhan untuk selama-lamanya. Semasa hidup, bersama band yang membesarkan namanya Koes Plus, Yon menciptakan banyak lagu legendaris yang abadi hingga kini.

Selain lagu bertema cinta, tak banyak yang tahu bahwa Yon Koeswoyo dan Koes Plus pernah membuat album untuk anak-anak. Bahkan sampai beberapa volume berjudul Pop Anak-anak.

Berikut beberapa lagu Koes Plus yang legendaris hingga kini mengutip berbagai sumber:

1. "Puk Ami-ami"

Masyarakat kerap menyanyikan lagu yang masuk dalam album Pop Anak-anak Koes Plus Vol. 1 (1973) ini. Saat dinyanyikan oleh masyarakat menjadi pok ame-ame. Biasanya lagu ini hingga kini dinyanyikan kepada bayi yang akan tidur.

Begini sepenggal liriknya yang sampai kini masih diingat orang: Puk ami-ami belalang kupu-kupu, siang makan nasi kalau malam minum susu. Adik manis kakak sayang padamu, adik manis mama pun begitu. Adik manis papa sayang padamu, adik manis semua sayang kamu.

 

 

Saksikan juga video menarik berikut:

2 dari 3 halaman

Diana

3. "Diana"

Lagu ciptaan Tony Koeswoyo ini mudah diingat dan disukai mulai dari anak muda dan tentu saja orang tua. "Diana, Diana kekasihku... Bilang pada orangtuamu. Cincin permata yang jeli itu tanda kasih sayang untukmu,"

4. "Bujangan"

Begini nasib jadi bujangan, kemana-mana asalkan suka tiada orang yang melarang. Hati senang walaupun tak punya uang. Masih ingat kan lagu ini? Ini semacam lagu "wajib" para lajang. 

5. "Bunga di tepi jalan"

Lagu ciptaan Yon Koeswoyo ini sudah banyak orang yang meng-cover. Begini penggalan liriknya: Suatu kali kutemukan bunga di tepi jalan. Siapa yang menanamnya tak seorangpun mengira. Bunga di tepi jalan alangkah indahnya. Oh kasihan, kan kupetik, sebelum layu.

 

3 dari 3 halaman

Buat Apa Susah

6. "Buat Apa Susah"

Ini adalah soundtrack banyak orang saat galau untuk mendongkrak semangat. Selain itu, lagu ini juga sering jadi top list ketika karaoke.

"Buat apa susah, buat apa susah. Lebih baik kita bergembira. Buat apa susah, buat apa susah, lebih baik kita bergembira"

7. "Tul Jaenak"

Bagi anak zaman now, mungkin sudah pernah mendengar lagu berbahasa Jawa satu ini. Namun, mungkin banyak yang tak menyangka "Tul Jaenak" dipopulerkan pertama kali oleh Koes Plus.

Begini cuplikan liriknya sekadar untuk mengingatkan: "Tul jaenak jaejatul jaiji. Kuntul jare banyak endhoke bajul kare siji"

BERANI BERUBAH: Soto Gratis Warga Isoman