Sukses

Becermin dari Artis, Ibu Zaman Now Jadi Semangat Berikan ASI

Artis punya pengaruh besar terhadap ibu-ibu zaman sekarang dalam hal pemberian ASI

Liputan6.com, Jakarta Bidan Venny Silvia, menilai, para ibu baru sekarang sudah lebih teredukasi dalam hal pemberian air susu ibu (ASI). Nyaris 100 persen pasien yang dia tangani, paham betul tentang manfaat ASI.

Menurut Venny yang sudah sembilan tahun mengabdi di Rumah Sakit Pondok Indah Grup ini, artis dan media sosial punya pengaruh besar terhadap situasi ini.

"Banyak tuh artis-artis yang bangga banget bisa menyusui anak-anaknya. Ketika mereka membagikan cerita tersebut, membuat ibu-ibu lain yang melihatnya jadi terdorong melakukan hal serupa. Masalah ASI, ibu-ibu sekarang sudah pintar-pintar," kata Bidan Venny.

Di Klinik Kebidanan dan Kandungan Lantai 6 Rumah Sakit Pondok Indah - Bintaro Jaya, lanjut Venny, edukasi masalah ASI adalah hal penting yang harus diberikan kepada ibu baru.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pentingnya Memberikan ASI

Bila ada ibu yang menolak memberikan ASI, bukan berarti pihak rumah sakit langsung memberikan susu formula. Balik lagi, baik bidan, perawat, maupun dokter akan terlebih dulu mengedukasi pentingnya memberikan air susu ibu.

"Kita harus edukasi dulu. Siapa tahu ibunya belum teredukasi bahwa ASI itu memang penting," kata dia menjelaskan.

Jika setelah diedukasi ternyata ibu tersebut tetap menolak, pihak Rumah Sakit Pondok Indah - Bintaro Jaya akan menyerahkan form persetujuan untuk memberikan susu formula ke anak tersebut.

"Kalau kasus ibunya meninggal, kita akan tawarkan donor ASI dulu, baru setelah itu menyerahkan surat persetujuan untuk diberikan susu formula. Jadi, tidak asal main kasih begitu saja," kata Bidan Venny.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.