Sukses

Perbaiki Gusi Turun dengan 7 Bahan Dapur

Liputan6.com, Jakarta Gusi turun merupakan suatu kondisi yang menyebabkan hilangnya jaringan gusi dan tereksposnya akar gigi. Ini bisa membuat gusi dan gigi terekspos bakteri dan kuman yang berbahaya serta menyebabkan berusakan yang tidak dapat diperbaiki.

Beberapa faktor penyebabnya seperti buruknya perawatan gigi, perubahan hormon, atau infeksi akibat bakteri bisa menyebabkan kondisi mulut yang menyakitkan. Gejala paling umum yang dialami oleh kondisi ini adalah gigi menjadi lebih sensitif, pendarahan pada gusi, pengeroposan gigi, dan lainnya.

Namun ternyata hal ini bisa dengan mudah diatasi, terlebih jika terdeteksi pada tahap awal.

Jika kondisi ini tetap dibiarkan tanpa perawatan, akan menyebabkan infeksi yang fatal. Karena itu sangat penting untuk mengatasi masalah gusi turun sebelum menjadi terlalu serius.

Berikut beberapa bahan dapur yang bisa membantu memperbaiki kondisi gusi turun, melansir laman Boldsky, Kamis (21/12/2017):

1. Berkumur dengan minyak kelapa

Berkumur menggunakan minyak kelapa dianggap sangat baik untuk menjaga kesehatan mulut dan gusi. Zat anti-inflamasi dan anti-bakteri dari minyak kelapa bisa menecgah kembalinya bakteri dan kuman yang berbahaya. Lakukan hal ini secara rutin untuk merawat kemunduran gusi Anda secara alami. 

 

Saksikan juga video berikut ini: 

 

1 dari 7 halaman

2. Teh hijau

Teh hijau dielu-elukan sebagai salah satau bahan terbaik untuk mencegah beberapa masalah kesehatan yang tidak diinginkan. Namun hanya sedikit yang mengetahui bahwa sifat anti-bakterinya sangat efektif untuk melawan penyebab kondisi turunnya gusi.

 

2 dari 7 halaman

3. Minyak cengkeh

Minyak cengkeh seringkali digunakan untuk beberapa masalah gigi seperti gigi berlubang, nyeri pada gigi, gingivitis, dan yang lainnya. Sifat disinfektan yang dimiliki minyak ini bisa menghancurkan kuman pada gusi dan mencegah gusi mengalami kemunduran lebih jauh.

3 dari 7 halaman

4. Gel lidah buaya

Gel lidah buaya dikenal memiliki sifat anti-inflamasi dan memperbaiki yang mampu menumbuhkan kembali gusi yang turun. Anda bisa mengunakan gel ini untuk menggosok gigi dan gusi Anda setiap hari untuk hasil yang diinginkan.

 

4 dari 7 halaman

5. Minyak kayu putih

Minyak kayu putih sangat bermanfaat untuk menlawan bakteri dan kuman yang menyebabkan penyakit, yang pastinya menyebabkan turunnya gusi. Cara terbaik untuk menggunakan minyak ini adalah dengan mancampurnya dengan air dan mengaplikasikannya pada area yang tersebut.

5 dari 7 halaman

6. Konsumsi makanan sehat

Mengkonsumsi makanan sehat bisa sangat mendorong kesehatan mulut Anda. Di sisi lain, junk food bukan hanya bisa menyebabkan infeksi namun pada akhirnya menyebabkan gusi turun.

6 dari 7 halaman

7. Minyak Wijen

 

Menggunakan minyak wijen sebagai pencuci mulut bisa memberikan dampak baik pada gigi dan gusi Anda. Sifat anti-inflamasi dan anti-bakterinya bisa sangat efektif menyembuhkan infeksi pada gusi dan seiring wakut mengembalikan kondisi gusi turun yang Anda alami.

Artikel Selanjutnya
Tanpa Mahal dan Ribet, Ini 16 Trik Memutihkan Gigi Secara Alami
Artikel Selanjutnya
Pasta Gigi Bisa Atasi Jerawat, Mitos atau Fakta?