Sukses

Makanan Ini Bisa Bantu Turunkan Kolesterol secara Alami

Liputan6.com, Jakarta Pola makan yang tidak seimbang dan gaya hidup tak sehat bisa menaikkan kadar kolesterol jahat.

Kolesterol yang terus meningkat bisa menyebabkan stroke atau jantung koroner.

Itu sebabnya penting untuk memeriksa kadar kolesterol, baik LDL (kolesterol jahat), HDL (kolesterol baik), total kolesterol, maupun trigliserida (lemak dalam darah) secara berkala.

Untuk menurunkan kadar kolesterol, ada cara alami yang bisa Anda praktikkan. Misalnya dengan mengonsumsi makanan berikut, melansir laman Prevention, Rabu (20/12/2017).

Oat

Jika Anda ingin menurunkan tingkat kolesterol buruk, kuncinya sederhana, gantilah menu sarapan Anda.

Sarapanlah dengan makanan yang mengandung 2 porsi bubur oat yang bisa menurunkan tingkat LDL (koletserol jahat) hingga 5,3 persen hanya dalam waktu enam minggu. 

 

Saksikan juga video berikut ini: 

 

2 dari 9 halaman

Salmon dan ikan berlemak lain

Lemak omega-3 merupakan salah satu keajaiban kesehatan alami di dunia yang menunjukkan kemampuannya melawan penyakit jantung, demensia, dan penyakit lainnya.

Menurut sebuah penelitian dari Loma Linda University, mengganti lemak jenuh dengan lemak omega-3 seperti yang ditemukan pada salmon, sarden, dan herring bisa meningkatkan kolesterola baik pada tubuh hingga 4 persen.

3 dari 9 halaman

Kacang-kacangan

Jika Anda mencari kudapan yang bisa menurunkan kolesterol, penelitian menunjukkan bahwa kacang adalah jawabannya. Penuhi lemari kudapan Anda dengan almond, kacang mete, atau walnut.

Meski begitu, biarpun kacang sangat sehat, tidak bisa dipungkiri bahwa mereka juga tinggi akan kalori, jadi kendalikanlah porsi Anda.

4 dari 9 halaman

Teh

Teh dikenal dengan kandungan antioksidannya yang mampu melawan kanker, juga merupakan pelindungan yang baik untuk melawan tingginya kolesterol LDL Anda.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh USDA (Departemen Pertanian Amerika Serikat), teh hitam menunjukkan kemampuan untuk menurunkan lemak darah hingga 10 persen dalam waktu tiga minggu.

5 dari 9 halaman

Cokelat

Ya! Antioksidan kuat ini membantu pembentukan kolesterol HDL (kolesterol baik).

Namun, perlu diingat untuk mengonsumsi cokelat hitam atau cokelat tanpa pemanis. Karena, jika dibandingkan dengan cokelat susu, okelat hitam mengandung aktioksidan tiga kali lebih banyak.

6 dari 9 halaman

Bawang putih

Bawang putih merupakan salah satu pembuat daftar makan rendah kolesterol. Bawang putih juga bisa mencegah pembekuan darah, mengurangi tekanan darah, dan melindungi tubuh dari infeksi.

7 dari 9 halaman

Minyak Zaitun

Minyak zaitun kaya akan asam lemak tak jenuh ramah jantung atau monounsaturated fatty acids (MUFAs), yang bisa menurunkan kadar kolesterol LDL. Gunakan minyak ini untuk dressing salad Anda, atau untuk masakan sehat lainnya.

8 dari 9 halaman

Bayam

Sayuran hijau yang umum dikenal ini kaya akan kandungan lutein, pigmen kuning yang ditemukan pada sayuran hijau gelap dan kuning telur.

Lutein dikenal mampu menjaga tubuh dari penurunan macular akibat usia, yang menjadi penyebab kebutaan dan juga mampu menjaga kolesterol agar tidak mengendap pada dinding pembuluh arteri.

 

 

9 dari 9 halaman

Alpukat

Alpukat merupakan sumber makan yang kaya akan MUFAs, yang bisa membantu meingkatkan tingkat koletrol HDL Anda. Namun, karena buah ini juga tinggi akan kalori, konsumsilah secara moderat.