Sukses

Hobi Mengintip Akun Socmed Orang, Bisa Bikin Mata Bintitan?

Liputan6.com, Jakarta Salah satu mitos yang tetap dipercaya di lingkungan kids zaman now adalah mengintip bisa menyebabkan mata bintitan. Aktivitas menyelidik yang dilakukan secara diam-diam ini bisa diartikan serupa mengintip bagian tubuh wanita yang tersingkap, mengintip orang sedang mandi, atau mengintip jawaban teman saat ujian.

Apakah benar mata bintitan disebabkan karena seseorang hobi mengintip atau mengamati gerak-gerik orang lain?

Menurut dr. Theresia Rina Yunita, bintitan dan kebiasaan mengintip enggak ada hubungannya sama sekali. Bintitan atau dalam istilah medis disebut hordeolum, merupakan benjolan di mata yang menyerupai jerawat atau bisul yang dapat muncul pada kelopak bagian luar maupun bagian dalam.

Dalam dunia medis, hordeolum bisa terlihat di permukaan atau juga muncul di dalam kelopak mata. Bintitan disebabkan oleh bakteri stafilokokus, yang sering hidup tepat di permukaan kulit.

Bintitan disebabkan oleh kebiasaan sehari-hari yang kerap disepelekan. Misalnya, kebiasan menggosok mata tanpa mencuci tangan terlebih dahulu. Penyebab bintitan bisa juga karena tidak cermatnya seseorang dalam menggunakan produk kosmetik di sekitar mata atau lupa mengenakan kacamata di saat udara berdebu. Kondisi ini bisa dicegah dengan berbagai cara yang kadang kita abaikan.

Untuk lebih lengkapnya, dr. Theresia Rina Yunita memaparkan penyebab medis mengapa mata seseorang bisa bintitan, seperti dilansir dari KlikDokter, Selasa (12/12/2017).

1. Tidak segera membersihkan riasan mata

Wanita gemar menggunakan riasan mata seperti eyeliner, eyeshadow, dan mascara. Penumpukan sisa-sisa riasan ini akan menyumbat kelenjar minyak yang ada pada kelopak mata. Inilah yang kemudian memicu timbulnya bintitan, ditambah infeksi fokal akibat bakteri.

2. Sering mengucek mata

Sebenarnya, mengucek mata tidak masalah dalam dunia medis. Hal yang harus diteliti adalah apakah tangan yang digunakan sudah steril atau masih penuh kuman. Sebaiknya sebelum mengucek mata pastikan tangan Anda bersih misalnya dengan mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer.

 

Simak juga video menarik berikut : 

1 dari 2 halaman

3. Malas membersihkan softlens

Apakah Anda pengguna softlens? Nah, menjaga kebersihan softlens sangat penting. Jika Anda tidak telaten, waspada dapat terjadi ulkus pada kornea Anda. Selain itu juga dapat menimbulkan infeksi pada kelopak mata (bintitan)

4. Jarang mengganti seprei dan selimut

Sering bangun tidur dengan mata merah, berair dan gatal. Coba ingat kapan terakhir kali Anda mengganti seprei dan selimut. Faktanya, seprei dan selimut yang jarang diganti atau kurang bersih juga dapat menyebabkan infeksi pada mata termasuk bintitan.

5. Terpapar polusi

Polusi udara memang tidak dapat dihindari. Namun saat berada di luar ruangan yang berisiko banyak polusi udara, Anda dapat menggunakan kacamata sebagai pelindung. Hal ini untuk mencegah debu kotoran terbang yang menempel pada mata dan menyumbat kelenjar minyak.

Jadi, anggapan sering bintitan karena suka mengintip hanyalah mitos belaka. Faktanya, bintitan disebabkan infeksi yang ada pada kelopak mata akibat sumbatan kelenjar minyak. Pencegahan paling bagus adalah jaga kebersihan mata Anda agar terhindar dari bintitan. Ingat lho, jangan sembarangan pakai obat tetes mata tanpa resep dokter.