Sukses

5 Langkah yang Bisa Cegah Penyakit Jantung Seperti Bondan Winarno

Simak langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah penyakit jantung, penyakit yang membuat Bondan Winarno meninggal.

Liputan6.com, Jakarta Duka menyelimuti dunia kuliner Tanah Air. Penulis, wartawan dan presenter kuliner Bondan Winarno, atau dikenal dengan Pak Bondan 'Maknyus', telah meninggal dunia pada Rabu (29/11/2017) akibat penyakit jantung yang dideritanya.

Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), penyakit jantung masih menjadi pembunuh nomor satu di dunia. Sebanyak 29 persen kematian global setiap tahunnya disebabkan oleh penyakit ini.

Meski begitu, sebenarnya ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah terserang penyakit jantung seperti berikut ini, seperti dilansir dari laman Prevention, Kamis (30/11/2017).

1. Periksakan diri Anda

Penting untuk memeriksakan kesehatan jantung secara berkala. Jika Anda tidak mengetahui risikonya, Anda mungkin tidak bisa mengambil langkah untuk mengatasinya.

"Penyakit jantung lebih dari sekadar serangan jantung. Penyakit ini tidak hanya membutuhkan operasi jantung terbuka untuk membersihkan arteri yang tersumbat, bisa jadi lebih banyak lagi. Untuk itu penting memeriksakannya secara rutin," kata Survivor Penyakit Jantung Mary Leah Coco.

2. Kenali gejalanya

Gejala penyakit jantung seringkali berbeda dengan pria. Sebanyak 43 persen wanita tidak merasakan sakit dada sama sekali. Namun umumnya mereka mengalami kelelahan ekstrem.

"Pada hari-hari atau bahkan berminggu-minggu sebelum serangan jantung, lebih dari 70 persen wanita mengalami kelelahan, seperti flu," kata Marianne Legato, MD, direktur Foundation for Gender-Specific Medicine di New York.

Tanda lain yang harus diperhatikan antara lain nyeri ringan di tulang dada, punggung bagian atas, bahu, leher atau rahang, mengeluarkan banyak keringat, mual, pusing, sesak napas, susah tidur, dan kecemasan.

Jika Anda mengalami salah satu atau semua tanda ini, periksakan diri Anda ke dokter. Semakin cepat diperiksa, risiko serangan jantung semakin dapat diatasi.

 

Saksikan video menarik berikut :

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Kontrol tekanan darah

Tekanan darah tinggi bisa meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke. Salah satu upaya yang dapat Anda lakukan untuk mencegah penyakit jantung adalah mengontrol tekanan darah Anda dalam batas normal. Kurangi asupan garam, alkohol dan hindari stres saat tekanan darah Anda meningkat.

4. Aktif bergerak

Cara lainnya untuk mencegah penyakit jantung adalah dengan aktif bergerak dan berolahraga. Sisihkan waktu 30 menit sehari untuk berolahraga ringan seperti berjalan kaki atau bersepeda.

Jalan kaki selama 30 menit dapat mengurangi tekanan darah. Selain itu, berjalan lebih baik dibandingkan duduk karena jika Anda duduk dalam waktu terlalu lama,hal ini bisa membahayakan jantung Anda.

5. Jaga pola makan

Pola makan merupakan salah satu faktor penting untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan, termasuk mencegah penyakit jantung. Beberapa makanan yang harus dihindari untuk mencegah terkena penyakit jantung antara lain makanan bersantan, makanan berlemak, makanan olahan serta makanan mengandung garam.

Sementara itu, beberapa jenis makanan yang diketahui mampu membantu menjaga kesehatan jantung antara lain makanan yang mengandung omega3 seperti tuna dan salmon serta makanan berserat seperti sayur dan buah-buahan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.