Sukses

Intip Menu Sehat untuk Diabetesi

Berikut contoh menu yang dapat diaplikasikan diabetesi dalam menu diet rendah gula.

Liputan6.com, Jakarta Bagi diabetesi, makanan manis dan memperbanyak sayur dan buah harus menjadi bagian dari rencana diet yang seimbang dan menyehatkan.

Manfaat meningkatkan asupan buah setiap hari, yaitu menurunkan atau mempertahankan berat badan yang sehat, mendapatkan vitamin, mineral, dan serat penting, serta mengurangi risiko kanker dan penyakit lainnya.

Faktanya, American Cancer Society merekomendasikan agar seseorang mengonsumsi sekitar 2,5 cangkir buah dan sayuran setiap hari.

Seseorang dapat memasukkan buah rendah gula ke dalam makanan mereka setiap kali makan. Berikut contoh menu yang dapat diaplikasikan dalam menu diet rendah gula, dikutip Medicalnewstoday, Selasa (28/11/2017)

1. Sarapan

Orang yang biasanya sarapan sereal harus yakin memilih sereal tanpa tambahan gula. Cobalah tambahkan irisan buah beri atau buah persik di atasnya. Sebagai alternatif, konsumsi beberapa buah beri dengan yoghurt rendah lemak juga merupakan pilihan yang menyehatkan.

Alih-alih minum jus buah, yang memiliki kadar gula tinggi, perasan jus lemon atau jeruk nipis ke dalam air mineral bisa menjadi alternatif yang menyegarkan.

2. Makan siang dan makan malam

Salad bisa termasuk unsur buah rendah gula. Coba gunakan perasan lemon atau limau sebagai dressing, atau irisan alpukat di atasnya. Irisan jeruk dan buah beri juga membuat topping salad menjadi lezat.

Buah utuh menjadi alternatif diabetesi yang sangat baik untuk makanan penutup. Buah rendah gula bisa dimakan dengan yoghurt atau dibuat menjadi salad buah dengan menambahkan sejumlah kecil madu jika dibutuhkan.

 

Simak video berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Camilan

Buah rendah gula bisa menjadi alternatif makanan ringan yang tepat. Seseorang lebih mudah mengemil buah dengan memotong buah besar, seperti melon, menjadi potongan kecil dan menyimpannya di lemari es.

4. Tambahan

Kebanyakan orang dapat menambahkan lebih banyak buah ke makanan mereka, bahkan jika mereka ingin mengurangi asupan gula mereka.

Seseorang dapat memilih buah yang lebih enak dengan tujuan untuk makan minimal 2,5 gelas buah atau sayuran setiap hari. Adapun poin penting dalam mengonsumsi buah, yaitu: makan buah utuh lebih baik daripada minum jus buah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Diabetes (diabetes melitus) adalah suatu penyakit metabolik yang diakibatkan oleh meningkatnya kadar glukosa atau gula darah.

    Diabetes

  • Diabetesi