Sukses

Cegah Puting Lecet Sejak 7 Bulan Kehamilan, Begini Caranya

Sebenarnya wanita tidak perlu khawatir puting lecet karena hal ini bisa dicegah.

Liputan6.com, Jakarta Tak sedikit wanita yang memiliki kekhawatiran puting lecet saat menyusui. Padahal persiapan fisik ibu sebelum melahirkan sangat penting, apalagi jika buah hati akan disusui secara ekslusif selama enam bulan.

dr. Boy Abidin, SpOG mengatakan, sebenarnya wanita tidak perlu khawatir puting lecet karena hal ini bisa dicegah.

"Sejak hamil 7 bulan, lakukan senam hamil agar bisa mempersiapkan perawatan payudara. Nanti dikasi tahu bagaimana caranya agar puting yang masuk ke dalam bisa keluar sehingga mudah saat disedot bayi," kata dokter yang berpraktik di RS Mitra Keluarga Kelapa Gading ini di sela-sela acara Media Visit Smartmama.com bersama Jesika (Jemput ASI Seketika) di SCTV Tower, Selasa (31/10/2017).

Selain itu, saat senam hamil juga, ada pula cara perawatan bagaimana merawat payudara biar tidak kering sehingga tidak mudah lecet. Dan yang terpenting bagaimana teknik memberikan puting saat menyusui.

"Menyusui yang benar itu, bayi bukan mengisap puting melainkan mengisap payudara sampai areola (lingkaran hitam pada payudara). Bila kesulitan biasanya konselor laktasi akan mengajarkan ibu memasukkan kelingking untuk membantu bayi. Hal seperti ini bisa mencegah puting lecet," pungkasnya.

 

 

Simak video menarik berikut ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.