Sukses

Kesalahan Saat Melakukan Manikur di Salon

Saat manikur seringkali terjadi kesalahan, namun kita tidak menyadarinya.

Liputan6.com, Jakarta Perawatan kecantikan wanita tidak hanya mengenai wajah, kulit dan rambut saja, namun kuku juga menjadi perhatian. Seringkali kita tidak menyadari kesalahan yang memang terjadi di setiap salon saat melakukan manikur. 

Manikur adalah prosedur untuk melindungi kuku pada jari tangan agar terlihat lebih rapi, bersih dan indah. Salah langkah selama proses manikur bisa membuat keadaan darurat medis. Kenali kesalahan yang sering terjadi pada saat manikur, sehingga Anda dapat menghindarinya. Seperti yang dilansir dari laman, Boldsky, (22/06/18).

1. Menggunakan alat yang tidak steril

Apakah Anda memeriksa alat yang digunakan salon Anda selama manikur? Sebagian besar waktu, alat digunakan pada orang lain dan bahkan tidak dibersihkan dengan cara yang benar. Hal ini membuat kuman dan bakteri dari orang lain pindah ke Anda. Jadi, pastikan salon menggunakan alat manikur yang steril, sehingga tidak membahayakan kesehatan. Saat melakukan manikur di rumah, setiap sesi harus diakhiri dengan membersihkan alat sebelum digunakan kembali. 

2. Menerapkan beberapa lapisan cat kuku

Saat harus menerapkan cat kuku, beberapa kesalahan umum diulang karena Anda dan karyawan salon tidak tahu dengan benar. Sebelum menerapkan warna, kuku harus memiliki lapisan dasar. Jika terus memasang lapisan cat kuku dapat merusak kuku juga menghilangkan minyak penting pada kuku. Jadi, pastikan Anda menerapkan cat kuku dengan cara yang benar. 

3. Kuku terkena air

Setelah manikur Anda tidak bisa menuju ke dapur untuk mencuci piring yang menumpuk. Hal Ini karena setelah sesi manikur tangan harus dijauhkan dari air selama enam sampai delapan jam berikutnya. Mereka yang langsung menyentuh air setelah manikur dapat membuat minyak penting dan kelembaban tangan menurun. Karena itu, saat merencanakan manikur pastikan kuku tidak langsung terkena air. 

4. Menggoyang botol cat kuku

Sebelum menggunakan cat kuku, banyak yang menggoyang botol ke arah bawah dan kemudian mulai memakainya. Ini salah. Cara yang tepat untuk menerapkan cat kuku adalah, gulir botol cat kuku di kedua telapak tangan kemudian aplikasikan. Mereka yang menggoyangkan botol  dapat menyebabkan gelembung warna kuku yang tidak bagus untuk dipakai. Jadi, sebelum mengoleskan cat kuku gulung saja.

5. Memotong kutikula kuku secara terpisah

Sering kali alasan utama melakukan perawatan kuku di salon adalah untuk membersihkan kutikula. Namun, perawatan untuk menghilangkan kutikula bukan dengan memotongnya. Pastikan karyawan salon tidak memotong kutikula karena hal itu dapat menyebabkan pendarahan dan penanganan medis yang tidak serius.

(Michelle Tania)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.