Sukses

4 Pemanis Alami yang Pas Buat Anda di Idulfitri

Anda dapat menambahkan cita rasa manis tanpa menggunakan pemanis buatan

Liputan6.com, Jakarta Gula merupakan bahan penikmat yang wajib diwaspadai penggunaannya. Bila berlebihan bisa membahayakan. American Heart Association mengatakan penambahan gula dapat meningkatkan risiko kematian akibat penyakit jantung. Apalagi di hari Idulfitri, kebanyakan makanan dan minuman menngandung gula. Untuk menghindari bahaya itu, Anda bisa memanfaatkan bahan alami yang tidak membahayakan kesehatan Anda. 

Anda dapat menambahkan cita rasa manis dengan bahan alami seperti yang dilansir dari laman Prevention, Kamis, (14/6/2018)

1. Kayu manis

Satu sendok teh kayu manis dapat menghilangkan rasa pahit pada kopi. Kayu manis mampu menjadi pemanis alami tanpa gula dan kalori. Pastikan untuk menggunakan bubuk kayu manis asli bukan gula kayu manis. Pertimbangkan untuk menyimpan biji kopi dengan beberapa batang kayu manis untuk memberi mereka rasa.

Kayu manis alami lebih dari memberikan cita rasa manis pada minuman. Sebuah studi dari Human Research Center menemukan bahwa hanya setengah sendok teh bubuk kayu manis setiap hari dapat meningkatkan sensitivitas sel Anda terhadap insulin. Ini adalah efek sebaliknya dari penambahan gula, yang dapat menyebabkan resistensi insulin.

2. Ekstrak vanili

Ekstrak vanili dapat menjadi pilihan bagi Anda yang ingin menggantikan pemanis buatan dengan pemanis alami. Perlu diingat bahwa vanili bukan gula namun sebagai penambah rasa pada minuman. Teteskan ekstrak vanili secukupnya pada kopi. Ekstrak vanila memiliki 0 kalori dan 0 gula, dibandingkan dengan penyedap sirup vanili yang mengandung 80 kalori dan 20 gram gula. Mulailah dengan satu tetes dan tambahkan secukupnya. 

3. Jeruk

Campuran jus jeruk dengan kopi pertama kali diperkenalkan di negara bagian Arizona. Meskipun aneh terasa aneh percampuran ini ternyata menyegarkan. Mengapa jus jeruk? Jus jeruk mengandung gula dan rasa manis alami yang dapat mencerahkan warna kopi, ditambah secangkir jus jeruk memberi Anda 155% vitamin C dosis harian.

Jika Anda tidak suka untuk mencampur jus jeruk dengan kopi cukup gosok kulit jeruk di sekitar cangkir kopi Anda atau tambahkan beberapa tetes jus jeruk ke kopi Anda untuk mengetahui rasanya.

4. Bubuk coklat tanpa pemanis

Menambahkan bubuk coklat ke dalam kopi merupakan salah satu cara termudah untuk mendapatkan manfaat flavanoid coklat, yang merupakan antioksidan untuk membantu menangkal kerusakan pada sel dan memperbaiki aliran darah ke otak, serta jantung. Bubuk kakao memberi rasa kopi seperti cokelat murni tanpa tambahan gula, tidak seperti moka. Carilah produk bubuk coklat 100% tanpa pemanis. 

(Michelle Tania)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.