Sukses

Cara Simpan Stroberi agar Tak Cepat Busuk

Enak dan bergizi, itulah stroberi. Sayang, buah satu ini cepat busuk. Begini trik agar stroberi tetap segar dalam waktu lebih lama.

Liputan6.com, Jakarta Salah satu buah yang banyak dikonsumsi dan menjadi hiasan aneka makanan dan minuman adalah stroberi. Namun kelemahannya, buah ini cepat busuk.

"Buah stroberi ini memiliki kulit yang tipis serta struktur yang rapuh sehingga mudah busuk," kata food scientist Harold McGee dalam buku On Food and Cooking: The Science and Lore of the Kitchen.

Agar stroberi segar tahan lama, penting diketahui cara penyimpanan yang tepat. Menurut California Strawberry Commission, cara terbaik menyimpan stroberi adalah di kulkas. Sebelum dimasukkan ke kulkas, bungkus dulu menggunakan tisu dapur (paper towel).

Tak perlu dicuci saat akan disimpan. Stroberi yang dicuci sebelum disimpan malah membuat cepat busuk. "Mencuci stroberi malah membuat lapisan epidermis rusak sehingga rentan busuk," kata McGee mengutip Health, Selasa (1/8/2017).

Sementara, bila ingin menyimpan stroberi dalam keadaan beku, wajib dicuci sebelumnya. Sesudah bersih, masukkan ke kantong plastik atau wadah kedap udara. Stroberi beku paling pas nantinya dibuat selai atau smoothie.

Stroberi sendiri kaya akan vitamin C dan K, serta mengandung folat, magnesium, dan kalium. Selain itu, buah warna merah ini juga tinggi antioksidan yang berguna untuk mencegah peradangan, kanker, dan masalah jantung.

Saksikan juga video menarik berikut:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.