Sukses

Menstruasi Bikin Sulit Mikir?

Beberapa wanita mengaku sulit konsentrasi dan kemampuan kognitif saat menstruasi. Memang menstruasi memengaruhi kepintaran?

Liputan6.com, Jakarta Rasa nyeri dan tak nyaman kerap melanda saat menstruasi datang. Belum lagi ditambah kondisi emosi yang naik turun, yang membuat wanita sulit fokus dengan aktivitasnya. Hal ini sampai-sampai membuat wanita berpikir, bahwa menstruasi memengaruhi kemampuan kognitifnya. Memang iya?

Bukti ilmiah menunjukkan, menstruasi tidak memengaruhi fungsi kognitif seorang wanita. Jadi, tidak benar bila ada yang mengatakan menstruasi mengurangi kemampuan kaum hawa dalam berpikir jernih.

Fakta ini diketahui setelah peneliti dari University Hospital Zurich, Swiss, mengetes tiga aspek fungsi kognitif pada 88 wanita yang sedang menstruasi. Tiga aspek itu adalah memori, perhatian dan bias kognitif.

Studi yang diterbitkan dalam Frontiers in Behavioural Neuroscience ini menggunakan jumlah partisipan lebih besar dari penelitian serupa. Peneliti juga melakukan tes ulang di siklus menstruasi selanjutnya.

Ketika dianalisis selama perubahan hormon saat menstruasi terjadi, tidak berpengaruh terhadap kemampuan kognitif perempuan, seperti mengutip Independent, Senin (10/7/2017).

"Sebagai dokter di bidang reproduksi dan psikoterapi, saya sering kedatangan pasien wanita yang mengatakan siklus menstruasi membuat kemampuan kognitif mereka menurun. Menurut studi ini, perubahan hormon selama menstruasi tidak menunjukkan ada hubungan dengan performa kognitif wanita," kata Professor Brigitte Leeners.

Saksikan juga video menarik berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.