Sukses

Wasabi 3 Kali Lipat Lebih Ampuh Atasi Kebotakan Pria

Anda yang suka makanan Jepang tentu kenal wasabi.

Liputan6.com, Jakarta Anda yang suka makanan Jepang tentu kenal wasabi. Pasta kehijauan itu biasa disajikan bersama sushi. Rasanya unik, pedasnya lebih menggigit dibandingkan cabai.

Rupanya wasabi memiliki kemampuan lain di samping sebagai pelengkap sushi. Kabarnya wasabi bisa membantu mengatasi kebotakan alias memicu pertumbuhan rambut.

Melansir laman Rocket News 24, Kamis (18/5/2017), peneliti menemukan bahwa zat yang terkandung dalam daun wasabi, disebut dengan isosaponarin, mampu memicu sel papilla dalam kulit kepala manusia.

Sel papilla yang terpapar isosaponarin tampaknya bisa kembali tergugah dan merespon stimulus dari luar sehingga menyebabkan pertumbuhan rambut. Lebih jauh, zat tersebut juga memicu pertumbuhan protein yang membuka jalan bagi nutrisi menuju sel papilla.

Menurut peneliti, efek isosaponarin tiga kali lebih besar dibandingkan zat dalam produk penumbuh rambut di pasaran yang umumnya berupa minoxidil.

Bukan hanya daun wasabi yang ampuh mengatasi kebotakan, bagian rizoma yang biasa dikonsumsi masyarakat Jepang pun memiliki efek serupa. Kandungan 6-MSITC yang menguarkan aroma khas dan menyengat itu juga bisa memicu pertumbuhan rambut bila mengenai sel papilla.

Ya, untuk mendapatkan manfaat wasabi sebagai penyubur rambut, Anda tak perlu memakannya banyak-banyak. Anda hanya perlu mengoleskannya ke kepala dan bersabar melihat hasilnya. Sebelumnya, pastikan dulu wasabi yang akan Anda gunakan untuk menyuburkan rambut harus benar-benar mengandung wasabi asli.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.