Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

LanjutkanStop di Sini

5 Tips Seks dari Dokter Kandungan yang Bisa Mengubah Hidup

Liputan6.com, Jakarta Dokter kandungan adalah figur yang biasanya didatangi pasien untuk urusan seputar kesehatan seksual. Namun, pasien biasanya berkonsultasi perkara KB atau penyakit menular seksual. Jarang ada pasien yang terpikir untuk bertanya cara memanaskan ranjang pada dokter kandungan atau ginekolog mereka.

Padahal, istilah kesehatan seksual adalah payung besar yang melingkupi sangat banyak hal. Mulai dari cara mencegah kehamilan atau penyakit menular seksual sampai ke sex toys dan posisi seks yang paling menstimulasi.

"Jangan pernah takut untuk membicarakan kehidupan seksual Anda dengan ginekolog," ujar Mary Jane Minkin. M.D, ginekolog dan profesor klinis di Yale University School of Medicine, AS. "Dan jika Anda takut, cari ginekolog baru!"

Menurutnya, dokter kandungan adalah orang yang sangat memperhatikan kepuasan seksual pasien mereka. Saran dari dokter-dokter ini bisa membantu pasien melakukan seks dengan cara yang paling sehat dan paling aman.

Melansir Women's Health, Minggu (14/5/2017), berikut lima tips seks yang paling sering diberikan dokter kandungan untuk pasien-pasiennya:

2 dari 6 halaman

1. Pelumas adalah segalanya

Walaupun kekeringan vagina adalah sesuatu yang umum terjadi saat menopause, hal ini juga bisa terjadi karena libido yang rendah, kadar stres, dan efek samping dari pengobatan tertentu.

"Jika menggunakan pelumas tidak cukup, cobalah menggunakan pelembap khusus vagina yang tahan lama dan bisa digunakan untuk pemakaian harian," saran Minkin.

Cara lain untuk meningkatkan cairan vagina adalah dengan menggunakan vibrator secara teratur. "Vibrator meningkatkan aliran darah di area pelvis, dan aliran darah berujung pada lubrikasi," ujarnya. Vibrator juga bisa mencegah melemahnya otot pelvis, yang bisa berujung pada disfungsi seksual dan seks yang menyakitkan.

3 dari 6 halaman

2. Gunakan tangan

Jika orgasme sulit dicapai saat berhubungan seks, cobalah mengingat apakah Anda bisa mencapai klimaks saat masturbasi, ujar Kelly Cullwell, M.D., ginekolog dan kepala staf edis di Evofem Biosciences dan WCG Cares di Kalifornia.

Jika jawabannya adalah iya, maka cobalah untuk menyentuh diri sendiri saat seks, atau melakukan masturbasi bersama. Hal ini bisa membantu mengurangi stres dan rasa khawatir yang berhubungan dengan sulitnya mencapai orgasme.

"Hal ini juga bisa membantu Anda dan pasangan belajar cara terbaik untuk saling memuaskan," lanjutnya.

4 dari 6 halaman

3. Cuci tangan

Terkadang cara terbaik mendapatkan seks yang memuaskan adalah dengan cara yang sangat bersih, ujar Sherry Ross, M.D., ginekolog dan penulis She-ology.

"Tangan dan jari memerlukan perhatian khusus sebelum aktif secara seksual, karena mereka sangat kotor akibat bakteri," lanjut Ross. Salah satu bakteri yang sering ditemukan di tangan dan jari adalah E.coli, yang datang dari tinja.

"Jika E. coli masuk ke vagina, hal ini bisa menyebabkan infeksi saluran kencing," ujarnya.

5 dari 6 halaman

4. Variasi

Ketika Anda berhubungan seks dengan orang yang sama selama bertahun-tahun, rasanya semuanya akan berjalan secara otomatis, yang sangatlah buruk untuk kehidupan seks. Namun, tidak diperlukan borgol dan cambuk untuk membumbui kehidupan seks, ujar Michael Krychman M.D., ginekolog dan direktur Sexual Health Center di Newport, Kalifornia.

Krychman merekomendasikan untuk mengganti posisi seks, lokasi, dan bahkan waktu normalnya Anda berhubungan seks.

6 dari 6 halaman

5. Memahami sudut penetrasi

"Untuk wanita yang memiliki rasa sakit mendalam saat penetrasi, bermain-main dengan berbagai posisi berbeda bisa membantu," ujar Sara Twogood, M.D., ginekolog dan asisten profesor kandungan dan kebidanan klinis di Keck School of Medicine di Kalifornia.

Twogood mengatakan, Anda bisa menyesuaikan sudut penis untuk penetrasi yang lebih nyaman dengan mencoba berbagai posisi. Atau wanita bisa mengatur posisi pelvis saat pria melakukan penetrasi. Namun, posisi atau sudut mana yang paling baik berbeda bagi setiap wanita. Jadi uji coba adalah cara terbaik untuk mendapatkannya.