Sukses

Masalah Hormon Testosteron Juga Menimpa Umur di Bawah 40

Hipogonadisme, menurunnya hormon testosteron, biasanya dialami pria berumur 40 tahun, tapi semakin ke sini menimpa "orang muda"

Liputan6.com, Jakarta Menurunnya hormon testosteron (hipogonadisme) memang menjadi masalah pria-pria berumur 40 tahun ke atas. Namun, kondisi yang disebut dengan sindrom defisiensi hormon (TDS) juga menghantui pria di bawah umur tersebut.

Menurut Dokter Spesialis Andrologi Rumah Sakit Fatmawati, dr Nugroho Setiawan MS Spand, biasanya penyebab "orang muda" mengalami hipogonadisme akibat gaya hidup yang buruk.

"Ditambah pula ada penyakit penyertanya. Sehingga, masalah yang semestinya mereka alami saat berumur 40 tahun, jadi diderita lebih cepat," katanya pada Kamis (6/4/2017) siang.

Hipogonadisme adalah gejala klinis di mana kaum Adam kekurangan testosteron, hormon penentu kebugaran yang sangat penting bagi pria akibat testis yang gagal memproduksi dalam jumlah normal.

"Hanya saja banyak pria tidak menyadari kondisi ini. Alasannya, karena merasa tidak mengalami keluhan apa-apa," katanya menambahnya.

Hati-hati juga, seorang pria yang mulai memasuki umur 30 tahunan harus memerhatikan kualitas tidur dan pola makan sehari-hari serta hindari kegemukan.

Sebab, kegemukan yang ditambah kurang tidur, membuat proses penurunan hormon testosteron berjalan cepat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.