Sukses

Selain Renang, Ini Olahraga yang Baik bagi Penderita Asma

Berikut beberapa jenis olahraga yang aman untuk dilakukan penderita asma.

Liputan6.com, Jakarta Bagi sebagian penderita asma, aktivitas fisik atau olahraga bisa menjadi soal terhadap kekambuhan asmanya. Namun, meski individu memiliki penyakit yang menyerang pernapasan ini, bukan berarti mereka tak boleh berolahraga sama sekali.

Anda boleh saja berolahraga dengan cara tertentu yang sudah dianjurkan oleh dokter. Dan berikut beberapa jenis olahraga yang aman untuk dilakukan penderita asma dikutip dari Health, Selasa (7/3/2017).

1. Jalan kaki
Studi menemukan orang dewasa yang berjalan kaki sebanyak tiga kali seminggu selama 12 minggu, dapat meningkatkan juga mengontrol kebugaran tubuh tanpa asma yang kambuh.

Penulis studi, Lisa M. Schwiebert, PhD, profesor asosiat bidang biologi sel, pengembangan, dan integratif University of Alabama, Birmingham, mengatakan, jalan kaki adalah latihan terbaik untuk meningkatkan kesehatan tubuh penderita asma.

Lianne Marks, MD, dokter internis dari Scott & White Healthcare di Round Rock, Texas, menyarankan untuk mengawali jalan kaki dengan pemanasan ringan, lalu berjalan kaki selama 30 menit dan akhiri dengan pendinginan.

2. Yoga
Aktivitas fisik ini sangat direkomendasikan bagi penderita asma. Sebab latihan pernapasan dalam yoga dapat mengaktifkan seluruh paru-paru.

Suatu studi menemukan, orang dengan asma yang berlatih Hatha yoga selama dua setengah jam per minggu dalam sepuluh minggu, dapat mengurangi obat-obatan asma yang dikonsumsi.

3. Bisbol
Ahli alergi dari Indiana, Mark Holbreich, MD, mengatakan, bisbol salah satu olahraga yang aman bagi penderita asma. Gerakan lari dalam bisbol dapat berfungsi untuk melatih pernapasan. Bahkan sebuah studi pernah menemukan 75 persen anak dengan asma yang rutin berlatih bisbol tidak lagi membutuhkan inhaler.

4. Golf
Olahraga yang diklaim mewah ini rupanya bermanfaat bagi penderita asma. Menurut Mark, aktivitas mengayunkan tangan dan berjalan ke track golf selanjutnya dapat membantu individu mengurangi gejala asma.

5. Renang
Aktivitas fisik di air ini menjadi pilihan yang ideal bagi individu yang menderita asma. Menurut Holbreich, beberapa gerakan dan teknik pernapasan saat berenang dapat melonggarkan lendir yang berkumpul di
paru-paru.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Asma adalah penyakit jangka panjang pada saluran pernapasan yang ditandai dengan penyempitan dan peradangan saluran napas.

    Asma

Video Terkini