Sukses

Kelak Usia Harapan Hidup Seseorang Mencapai Umur 90 Tahun

Liputan6.com, Jakarta Angka harapan hidup rata-rata masyarakat dunia yang lahir pada 2030 bakal mencapai 90 tahun. Dan tak cuma itu, peneliti juga memprediksi usia harapan hidup yang mencapai 120 tahun lebih banyak dari sekarang.

Menurut peneliti, makin panjangnya usia harapan hidup seseorang terkait dengan manusia modern yang lebih peduli kesehatan mengutip Daily Mail, Rabu (22/2/2017).

"Kita sering mendengar batas harapan usia hidup seseorang mencapai usia 90 tahun, tapi hasil studi menunjukkan bakal bisa lebih dari 90 tahun," kata salah satu peneliti Majid Ezzati dari Imperial College London.

Temuan ini diketahui setelah peneliti melakukan studi terhadap usia kematian dan tren harapan hidup di 35 negara. Lalu, dari data yang ada peneliti kemudian memprediksi usia harapan hidup mereka yang lahir di 2030.

Jarak antara angka harapan hidup pria dan wanita juga tidak terlalu jauh pada mereka yang lahir 2030. Hal ini terkait dengan gaya hidup pria jadi makin baik.

"Pria biasanya memiliki gaya hidup tidak sehat seperti merokok, minum alkohol, kecelakaan, dan bunuh diri. Meski begitu, gaya hidup pria kini hampir mirip dengan wanita sehingga tidak terlalu jauh angka harapan hidup," kata Ezzati.

Penduduk Korea Selatan misalnya angka harapan hidup pada wanita bisa mencapai 91 tahun, sementara pria 90 tahun. Wanita asal Swiss rata-rata angka harapan hidup mencapai 88 tahun, sementara pria 83 tahun.

 

Loading