Sukses

Tidur Siang Sejenak Bantu Otak Tetap Tajam

Tidur sejenak sehabis waktu makan siang bisa mengarah kepada perbaikan fungsi kognitif

Liputan6.com, Jakarta Ketika khasiat kopi pagi Anda mulai menghilang dan kelelahan di siang hari mulai menyerang Anda, menyempatkan diri sebentar untuk tidur sejenak bisa membuat otak tetap bekerja dengan baik.

Pemikiran akan tidur siang bukanlah suatu hal yang baru, khususnya di negara yang memiliki cuaca lebih panas seperti Spanyol. Para peneliti pun telah melakukan studi yang panjang mengenai manfaat tidur sejenak setelah makan siang ini. Sebuah studi terbaru menegaskan lamanya waktu tidur siang sejenak yang diperlukan bagi para lansia untuk mendapatkan manfaat bagi kesehatan otak dan mental mereka: cukup satu jam.

Temuan yang dimuat Journal of the American Geriatrics Society berdasarkan sebuah survei terhadap hampir 3,000 lansia Tiongkok mengenai kebiasaan tidur siang mereka dan data mengenai fungsi kognitif. Mereka yang mendapatkan waktu tidur siang dalam jumlah yang moderat-kebanyakan mendekati waktu 60 menit-menunjukkan “perbaikan kognitif secara keseluruhan” dibandingkan dengan mereka yang tidak tidur siang dan mereka yang tidur siang namun dalam jangka waktu lebih dari 90 menit dan kurang dari 30 menit.

Berdasarkan hasil yang didapatkan, tidur siang dalam waktu yang moderat tersebut “bisa sangat penting untuk mengoptimalkan fungsi kognitif pada orang lansia,” menurut studi tersebut, dan dengan demikian mengurangi “resiko ketergantungan hidup dan kualitas hidup yang buruk.”

Berbagai uji kesehatan mental yang diberikan seperti persoalan matematika dan juga latihan lainnya yang mana para orang lansia tersebut diminta untuk menghafal dan mengingat kembali kata-kata atau meniru gambar geometris sederhana.

Tidur siang dipelajari secara spesifik karena, sebagai tambahan untuk waktu yang optimal untuk tidur siang, para peneliti menduga bahwa waktu sirkadian memainkan peranan penting terhadap manfaat tidur siang tersebut, merujuk kepada jam biologis tubuh yang mengatur berbagai kebiasaan seperti tidur dan makan.

“Tidur sejenak sehabis waktu makan siang bisa mengarah kepada perbaikan fungsi kognitif, karena tidur sejenak setelah makan siang memiliki nilai lebih yang berhubungan dengan kesembuhan daripada tidur sejenak pada waktu lainnya.”

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini