Sukses

Spanyol Transplantasi Wajah Penuh Pertama di Dunia

Sebuah tim yang terdiri dari 30 dokter di Spanyol mengklaim telah berhasil melakukan operasi transplantasi wajah penuh pertama di dunia.

Liputan6.com, Barcelona: Sebuah tim yang terdiri dari 30 dokter di Spanyol mengklaim telah berhasil melakukan operasi transplantasi wajah secara penuh pertama di dunia. Operasi selama 24 jam penuh itu dilakukan pada seorang petani berusia 30-an pada 20 Maret lalu.

Operasi itu dilakukan tim dokter Rumah Sakit Vall d'Hebron University yang dipimpin Dr Joan PereBarret. Sebelum dioperasi, pasien tersebut tidak mampu menelan, berbicara atau bernapas dengan benar, setelah ia menembak dirinya sendiri pada 2005 lalu. Ia menerima transplantasi jaringan kulit, tulang pipi baru, otot-otot wajah, gigi, langit-langit mulut, kulit, hidung, bibir dan rahang.

Dalam pernyataan persnya, Rumah Sakit Vall d'Hebron University menyebutkan, pasien itu telah dioperasi sembilan kali tanpa hasil yang memuaskan sehingga dilakukan transplantasi wajah penuh, demikian ditulis Telegraph Kamis (22/4).

"Ini adalah transplantasi wajah penuh pertama di dunia. 10 operasi yang pernah dilakukan sebelumnya hanyalah operasi wajah sebagian." tulis pernyataan pers tersebut.

Operasi transplantasi wajah pertama di dunia dilakukan pada seorang wanita Perancis, Isabelle Dinoire, pada 2005. ia menjalani operasi kulit wajah, hidung dan mulut yang baru. Sejak saat itu ada sejumlah operasi serupa di Cina dan Amerika termasuk juga di Indonesia.

Pada 2008 seorang wanita Amerika, Connie Culp, menjalani operasi wajah yang lebih luas meliputi kulit tulang, otot dan pembuluh darah serta transplantasi saraf.(MLA)



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini