Sukses

6 Cara Alami Atasi Sinusitis

Bila dibiarkan, sinusitis bisa menyebabkan pembengkakan pada beberapa bagian rongga hidung dan memengaruhi fungsi organ tubuh lainnya.

Liputan6.com, Jakarta Sinusitis terjadi ketika kuman masuk ke saluran napas dan memenuhi rongga sinus serta menyebabkan infeksi. Ketika infeksi, lendir di rongga sinus akan lebih kental dan berubah warna.

Bila dibiarkan, sinusitis bisa menyebabkan pembengkakan pada beberapa bagian rongga hidung dan memengaruhi fungsi organ tubuh lainnya.

Berikut cara mudah dan alami mengatasi sinusitis, dikutip laman Times of India, Senin (2/1/2017).

1. Minum banyak cairan

Tubuh memerlukan banyak cairan untuk meningkatkan kadar kelembapan, jadi pastikan Anda minum banyak cairan. Pilih minuman yang kaya akan nutrisi seperti jus sayur dan buah.

2. Rileks

Penting untuk beristirahat dan relaksasi. Jadi lupakan kekhawatiran Anda sejenak dan nikmati bergelung di tempat tidur.

3. Madu dan lemon

Ambil satu sendok teh madu dan sari dari setengah buah lemon. Madu merupakan antiseptik alami, sedangkan lemon merupakan sumber vitamin C. Campur dua bahan tersebut ke dalam air hangat lalu minum.

Anda pun bisa mengonsumsi teh hijau atau daun teh herbal sebagai pengganti teh biasa.

4. Sup ayam

Sup ayam dipercaya sebagai asupan makanan yang baik untuk mengatasi pilek. Hal ini juga berlaku untuk sinusitis.

5. Gunakan bantal

Jika Anda mengalami hidung tersumbat, sangga diri Anda dengan bantal yang nyaman sehingga memudahkan bernapas di malam hari.

6. Pasang humidifier

Memasang alat humidifier untuk membantu mengatur kelembapan ruangan. Ini akan mengurangi kekeringan pada mukus dan memudahkan Anda bernapas ketika tidur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.