Sukses

Risiko Anak Idap Asma Menurun Jika Ibu Rajin Konsumsi Minyak Ikan

Studi menemukan manfaat pengonsumsian minyak ikan selama hamil pada kesehatan kardiovaskular anak.

Liputan6.com, Jakarta Ibu hamil kerap dilarang mengonsumsi makanan laut yang disajikan dalam bentuk mentah dan beraroma memualkan. Namun, pelarangan tersebut tidak berlaku untuk minyak ikan.

Pengonsumsian minyak ikan saat hamil justru sangat disarankan. Minyak ikan terbukti mampu membuat si bayi yang dikandungnya itu lebih kebal dari potensi terserang penyakit tertentu, dari lahir hingga usia dewasa.

Ini dibuktikan melalui sebuah penelitian oleh The Copenhagen Prospective Studies on Asthma in Childhood (COPSAC) di Copenhagen University Hospital dan University of Waterloo.

Temuan mereka membuktikan, hampir sepertiga anak yang dilahirkan dari kandungan ibu yang rajin mengonsumsi minyak ikan, khususnya semasa kehamilan trimester ketiga, lebih rendah risikonya mengidap penyakit asma.

“Kami menemukan, kandungan lemak omega-3 tinggi memiliki sifat anti-peradangan yang berpengaruh terhadap kekebalan tubuh anak terhadap serangan penyakit asma,” kata Hans Bisgaard mewakili COPSAC dalam sebuah pernyataan resmi, mengutip CBC News, Jumat (30/12/2016).

Temuan mereka belum lama ini telah dipublikasikan dalam New England Journal of Medicine.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini