Sukses

Efek Buruk Merokok Bisa Dihindari dengan Cara Minum Wine?

Liputan6.com, London- Minum segelas wine sebelum merokok bisa mencegah beberapa hal buruk yang disebabkan gara-gara merokok itu sendiri. Kandungan senyawa kimia dalam wine bisa melindungi kerusakan jangka pendek pada lapisan pembuluh darah seperti diungkapkan peneliti Jerman.

Mengonsumsi wine bisa mencegah pelepasan partikel mikro dari dinding arteri, trombosit, dan sel darah merah yang merupakan tanda dari kerusakan merokok. Selain itu juga bisa mencegah peradangan pada tubuh.

Peneliti mengetahui fakta ini setelah melakukan studi efek rokok pada darah dan arteri pada 20 orang yang bukan perokok. Mereka diminta untuk mengisap 3 batang rokok.

"Tujuan dari studi kami ini untuk menyelidiki efek pada pembuluh darah mengonsumsi wine pada orang yang merokok sesekali dengan kondisi tubuh sehat," kata peneliti dari University of Saarland in Homburg, Jerman, Viktoria Schwarz.

"Kami menemukan bukti mengonsumsi anggur merah bisa mencegah kerusakan pembuluh darah akibat merokok," tambah Schwarz lagi seperti mengutip laman Independent, Rabu (28/12/2016).

Schwarz menekankan studi ini memang pada orang muda sehat dan merokok sesekali. Masih belum jelas apakah hasil studi ini bisa diaplikasikan pada perokok usia lanjut, perokok yang sudah sakit, dan perokok berat.

Lalu, Schwarz juga menekankan dia dan tim tidak memotivasi perokok sesekali untuk minum wine ataupun sebaliknya. "Penelitian ini untuk mengindentifikasi cara mencegah kerusakan dan menjaga sistem pembuluh darah," katanya.

 

Loading