Sukses

Mensos Perkenalkan Gerakan One Day One Care di Sulawesi Selatan

Liputan6.com, Jakarta Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengatakan, gerakan One Day One Care atau Sehari Berbagi Satu Orang Satu merupakan gerakan kesetiakawanan sosial, satu orang membantu satu orang lain yang membutuhkan.

"Kita yang lebih beruntung mambantu yang kurang beruntung. Dengan memberikan teladan semacam ini, seorang ibu telah mengajarkan kepada anak-anak tentang pentingnya berbagi kepada orang lain," ujar Mensos saat peluncuran Gerakan Sayang Ibu Tercinta (GESIT), sekaligus memperingati Hari Ibu bersama Organisasi Perempuan se-Sulawesi Selatan di Gedung Manunggal, Kota Makasar, Sabtu (24/12/2016).

Di hadapan pimpinan berbagai organisasi perempuan, Mensos menyerukan agar mendorong para anggotanya untuk menebarkan gerakan One Day One Care, dimulai dari hal-hal sederhana di keluarga masing-masing.

"Ajarkan anak-anak kita pentingnya memberi dan berbagi. Sebab, hal ini merupakan bekal penting bagi masa depan mereka. Banyak nilai-nilai positif terkandung di dalamnya, seperti gotong royong, toleransi dan kekeluargaan," ucapnya. 

Dalam pertemuan dengan seribu lebih pengurus organisasi perempuan tersebut, Mensos mengajak untuk meningkatkan pengawasan terhadap putra-putrinya. Tantangan orang tua dimana anak-anak tak mudah dikontrol dengan siapa bergaul dan dengan cara apa menjalani aktifitas sehari-hari.

"Saat ini, tidak kebayang bagaimana anak-anak kita yang baik-baik mendapat terpaan berat dari media dalam pergaulan mereka," ujar menteri yang juga Ketua Umum PP Muslimat NU itu.

Kehadiran gawai, media komunikasi dan informasi serta isi tayangan sangat bermanfaat di satu pihak dan di pihak lain gawai sangat mengkhawatirkan. Dengan gawai, mereka bisa mengakses apa saja termasuk tayangan yang sangat buruk dan membahayakan.

“Untuk itu, para ibu agar tidak henti-hentinya untuk berbagi dan bersinergi dalam upaya membangun anak-anak sebagai harapan negeri,” tandas Mensos melalui siaran pers yang diterima Liputan6.com, Minggu (25/12/2016).

Puncuran GESIT diisi dengan acara dialog bersama Neno Warisman. Juga, acara turut dimeriahkan dengan nyanyian Mensos yang membawakan lagu Ibu karya Iwan Fals.

GESIT merupakan gerakan untuk memberi perhatian dan cinta kepada para ibu. Keberadaan ibu lebih baik dan lebih bermartabat secara sosial dalam sistem keluarga Indonesia dan agar anak tak melupakan jasa-jasa mulia ibunya.