Sukses

3 Cara Didik Anak Jadi Sosok Peduli

Orangtua perlu mendidik anak tentang kepedulian terhadap orang lain pada anak sejak dini.

Liputan6.com, Jakarta Setiap orangtua pasti menginginkan anak berkarakter baik, salah satunya memiliki kepedulian terhadap orang lain. Agar anak memiliki karakter tersebut, ahli tumbuh kembang anak dari York University, Kanada, Caroll Anne Wien mengatakan orangtua perlu mendidik anak tentang kebaikan dari dini.

"Orang dewasa bisa melakukan aneka hal untuk membantu anak belajar berempati," kata Wien.

Mengutip Parents, Sabtu (12/11/2016) berikut tiga cara membuat anak jadi sosok peduli sejak kecil.

1. Ajarkan lewat kata-kata

Balita belum mampu memahami kata-kata yang mewakili perasaan. Karena itu ajaklah balita Anda berkomunikasi yang menunjukkan perasaan yang dirasakan dirinya atau orang lain.

Misal 'Apakah kamu merasa adik sedih karena mainannya direbut olehmu?'. Dengan cara seperti ini membantu meningkatkan kemampuan perasaan orang lain.

2. Perlihatkan cara untuk peduli

Perlihatkan cara berinteraksi Anda dengan orang lain di depan anak. Ini merupakan cara terbaik membangun empati anak seperti diungkap profesor psikologi Wake Forest University, Amerika Serikat, Deborah Best.

Misalnya menanyai kabar rekan Anda, membukakan pintu untuk orang tua, atau membantu seorang anak yang terjatuh di taman bermain. Ketika hal-hal empati Anda lakukan, maka anak Anda juga akan mengikutinya.

3. Biarkan anak mempraktekkan

Ajaran serta contoh yang Anda lakukan di depan anak akan mempengaruhinya. Sehingga jangan heran bila muncul muncul kepedulian pada orang lain.

Jika Anda sedang menyiram tanaman lalu ia ingin membantu, berikan saja selang air padanya. Lalu, saat di taman bermain lalu ada anak yang menangis, coba bilang padanya "Dia menangis, boleh pinjam mainanmu untuknya?" Anda tunggu reaksinya, bisa jadi menolong dan tidak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.