Sukses

Awas, Kurang Tidur Bisa Membuat Hubungan Asmara Tak Harmonis

Liputan6.com, Jakarta Tidak hanya mempengaruhi kesehatan, kurang tidur juga bisa mempengaruhi hubungan Anda dengan pasangan. Mengapa demikian?

Melansir Woman's Health Magazine, Senin (26/9/2016), sebuah penelitian yang dilancarkan oleh sejumlah ilmuwan di University of Florida, Amerika Serikat mengungkap fakta bahwa tidur malam yang cukup bisa menjadi kunci utama penentu hubungan asmara yang sehat, rukun dan bahagia.

Sebanyak 68 pasangan pengantin baru ikut serta dalam penelitian ini untuk dianalisa lebih jauh keharmonisan hubungannya berdasarkan waktu yang disisihkan masing-masing individu untuk istirahat dan tidur nyenyak.

Para peserta diminta untuk memberikan jawaban jujur soal kepuasan hubungan asmara dengan pasangan yang baru dinikahinya, ada tidaknya perbedaan dari perilaku pasangan saat tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup, serta dampaknya terhadap masing-masing individu dan juga pada hubungannya secara menyeluruh.

Setelah dianalisa, para peneliti menyimpulkan bahwa individu atau pasangan yang durasi tidur atau istirahatnya masih tergolong normal yaitu sekitar 7-8 jam, cenderung lebih bahagia dan tulus menjalankan hubungan asmaranya pada hari itu. 

Hal menarik lainnya yang dikemukakan oleh para peneliti adalah fakta bahwa para suami cenderung lebih ekspresif dalam mengutarakan kepuasan atau kebahagiaannya lantaran sudah mendapatkan waktu istirahat yang cukup dan nyenyak.

Terlebih, para suami juga dinilai jauh lebih sensitif dibandingkan wanita ketika dirinya tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup. Pasalnya, mereka menjadi menganggap negatif hal apa pun yang melintas di pikirannya. Mereka pun cenderung lebih ingat saat terjadi interaksi negatif dengan pasangan hari itu. Meski pertengkaran tak bisa dilupakan, namun tidur cukup bisa membuat pasangan lebih tenang menghadapi permasalahan karena emosi ikut mereda saat tidur.

Tidur yang cukup bisa membuat Anda dan pasangan lebih bahagia. Selain itu, tidur cukup juga sangat penting untuk memastikan sekaligus menjaga kesehatan fisik dan psikis Anda secara keseluruhan.

Agar hati selalu senantiasa bahagia dan bisa membuat pasangan merasakan hal serupa, pastikan Anda tidur kurang lebih selama 8 jam setiap harinya.

Artikel oleh Aluna Swara.