Sukses

Tak Ada Susu Pengganti Sebaik ASI

Adakah minuman pengganti susu yang sebaik ASI?

Liputan6.com, Jakarta Tidak ada makanan terbaik untuk bayi selain air susu ibu. Susui bayi minimal empat sampai enam bulan agar segala manfaat yang ada pada ASI didapat si Kecil.

Namun tidak semua ibu bisa memberikan ASI karena ukuran payudara yang terlalu kecil atau puting yang tidak berfungsi optimal. Sebelum memutuskan memberi susu kaleng atau susu formula sebagai pengganti air susu ibu, Dr Boyke Dian Nugraha menganjurkan berkonsultasi dengan dokter anak terlebih dulu.

"Pada dasarnya tidak ada susu kaleng yang mirip ASI. Tapi dokter akan bantu memilih sesuai kantong dan kebutuhan si bayi," kata Boyke dikutip dari Vidio.com pada Jumat (23/9/2016)

Menurut Boyke tidak mudah mencari susu kaleng pengganti ASI. Anak rentan mencret, muntah, dan mengalami gangguan kesehatan lain akibat susu kaleng tidak sesuai dengan lambung dan pencernaan buah hati tercinta. "Karena anak Anda adalah anak manusia, yang terbaik tetap air susu ibu," ujar Boyke.

Beragam keuntungan didapat anak yang diberi ASI. Higienis langsung dari pabrik alami, ASI mengandung anti-alergi, dan ASI dapat meningkatkan imunitas si bayi.

"ASI diberikan dengan kasih sayang karena ketika menyusui ibu akan mendekap si anak. Sudah banyak penelitian yang menyebut ASI dapat membantu meningkatkan kecerdasan si bayi dan meningkatkan aktivitas si bayi dibanding anak yang mendapat susu kaleng," kata Boyke menekankan.

Menurut Boyke, ASI juga berguna memupuk rasa percaya diri bayi karena selama proses menyusui bayi merasa dicintai, disayang. Berbeda dengan anak yang diberi susu kaleng, dia akan dibiarkan begitu saja.

"Bayi yang diberi ASI mendengar degup jantung ibunya," kata Boyke menerangkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini