Sukses

Sering Pusing? Lakukan 4 Kebiasaan Ini

Liputan6.com, New York- Sering mengalami pusing maupun migrain? Jika iya, Anda perlu melakukan kebiasaan-kebiasaan untuk mencegah datangnya rasa pusing.

Direktur New York Headache Center di Manhattan, Alexander Mauskop mengungkap ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah serangan rasa pusing datang.

"Jika rasa pusing terasa berat dan mengganggu kehidupan sehari-hari, itu sudah saatnya menghubungi dokter," kata Mauskop.

Bila kondisi sedang baik, tak ada salahnya mulai melakukan beberapa kebiasaan berikut seperti dikutip laman Men's Health, Rabu (30/8/2016).

1. Olahraga
"Latihan kardio bisa mengurangi migrain dan sakit kepala dari setengah pasien," kata Mauskop.

Hal ini terjadi karena pada saat berolahraga tubuh menghalangi rasa sakit. Selain itu, olahraga juga mengurangi stres, yang merupakan pemicu sakit kepala paling umum.

Mauskop menyarankan untuk melakukan olahraga intensitas sedang seperti jogging atau bersepeda seminggu tiga kali. Santai saja, tak perlu terlalu keras.

2. Konsumsi sayuran hijau dan kacang-kacangan
Kekurang magnesium mampu memicu migrain seperti diungkapkan Mauskop. Oleh karena itu Mauskop menyarankan untuk mengonsumsi bayam, kacang almond, kacang mede.

3. Kurangi konsumsi kopi
Kandungan kafein dalam kopi bisa memicu sakit kepala. Jika benar-benar tak bisa menghentikan asupan kopi, Mauskop menyarankan untuk membatasi hanya sekitar delapan ons per hari. 

2 dari 2 halaman

Tidur cukup

4. Tidur cukup
Klise memang, namun tidur cukup sekitar enam hingga tujuh jam per hari bisa membuat seseorang lebih bugar dan bersemangat. Beda halnya dengan kurang tidur. Kondisi ini memicu migrain keesokan harinya seperti diungkap Mauskop.

5. Meditasi
Cukup berdiam diri, merasakan diri Anda benar-benar hadir saat ini di tempat ini alias bermeditasi mampu mengurangi rasa pusing. Pada saat meditasi, orang jadi lebih rileks sehingga stres pun berkurang.

6. Peregangan leher
Olahraga pada area leher bisa mengatasi rasa pusing mungkin terdengar konyol. Namun studi membuktikan dengan mengurangi ketegangan di leher mampu mengurangi pusing.

"Ketegangan di leher akibat terlalu lama di depan layar komputer, bermain ponsel, bisa menekan saraf-saraf yang terhubung ke kepala," kata Mauskop.

7. Minum banyak air putih
Dehidrasi alias kekurangan cairan bisa memicu sakit kepala seperti dituturkan Mauskop. Hal ini bisa terjadi karena kekurangan air membuat darah jadi lebih tebal, hal ini mengurangi aliran darah ke otak. Sehingga pastikan tubuh selalu terhidrasi.

  • Migrain adalah sakit kepala yang terasa seperti berdenyut dengan tingkat sedang hingga parah.
    Migrain
  • Pusing merupakan keadaan yang menggambarkan perasaan kehilangan keseimbangan.
    Pusing