Sukses

8 Penyebab Kedutan yang Belum Anda Ketahui

Kedutan kerap dimaknai berbeda oleh masyarakat awam

Liputan6.com, Jakarta Kedutan kerap dimaknai berbeda oleh masyarakat awam. Umumnya dianggap sebagai firasat atau pertanda bahwa di tempat lain sedang ada insiden yang terkait dengan diri kita. Misalnya, seseorang sedang membicarakan kita, seseorang sedang merindukan kita dan lain sebagainya.

Padahal, dari segi medis kedutan itu ada penyebabnya sebagaimana dikutip dari Healthline.com.

1. Berkedut dapat terjadi setelah aktivitas fisik karena asam laktat terakumulasi pada otot yang digunakan selama latihan. Hal yang paling sering mempengaruhi tangan, kaki, dan punggung.

2. Berkedut otot bisa juga disebabkan oleh stres dan kecemasan

3. Mengonsumsi terlalu banyak kafein dan stimulan lainnya dapat menyebabkan otot-otot di bagian manapun berkedut.

4. Kekurangan nutrisi tertentu dapat menyebabkan kejang otot, terutama di kelopak mata, betis, dan tangan. jenis umum dari kekurangan gizi termasuk vitamin D, vitamin B, dan kekurangan kalsium.

5. Dehidrasi dapat menyebabkan kontraksi otot dan berkedut, terutama di otot-otot tubuh yang lebih besar. Ini termasuk kaki, lengan, dan dada.

6. Nikotin yang ditemukan dalam rokok dan produk tembakau lainnya dapat menyebabkan otot berkedut, terutama di kaki.

7. Kejang otot dapat terjadi pada kelopak mata atau daerah sekitar mata saat kelopak mata atau permukaan mata teriritasi.

8. Efek samping obat-obatan tertentu, termasuk kortikosteroid dan pil estrogen, dapat memicu kejang otot. Berkedut dapat mempengaruhi tangan, lengan, atau kaki. Ini penyebab umum dari kejang otot yang biasanya tidak berbahaya dan akan hilang setelah beberapa hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini