Sukses

Si Kecil Terus Menangis? Pertanda Dia Bakal Gemuk

Menurut ilmuwan dari Amerika, anak-anak yang sering menangis cenderung lebih gemuk saat mereka dewasa.

Liputan6.com, Jakarta Sebuah penelitian terbaru mengungkap satu fakta menarik. Menurut ilmuwan dari Amerika, bayi yang sering menangis cenderung lebih gemuk saat mereka dewasa.

Studi ini menunjukkan hubungan antara anak rewel dengan segala hal yang bisa ia dapatkan. Misalnya, ketika bayi menangis pasti orangtuanya mengalihkan perhatiannya melalui makanan atau mainan. Masalahnya, anak butuh waktu lama untuk bisa tenang karena suka diemong manja.

Peneliti utama, Kai Ling Kong dari University of Buffalo, New York, mengatakan, penelitian ini memberitahu kita perbedaan perilaku dimulai pada masa bayi dan perubahan perilaku di masa depan yang berdampak risiko kesehatan pada saat ia dewasa.

"Menggunakan imbalan selain makanan, seperti mengajak anak ke taman bermain atau terlibat dalam permainan aktif dapat membantu mengurangi kecenderungan anak untuk menemukan kesenangan dalam makanan," kata Kong, seperti dimuat Dailymail, Selasa (23/8/2016).

Para peneliti mengatakan, dari 105 bayi yang terlibat, orangtua mereka diminta untuk mengisi kuisoner. Kemudian peneliti mengukur seberapa sering mereka memanjakan anaknya dengan memberikan makanan atau hadiah lain.

"Kami menemukan, bayi yang lebih sering dimanjakan jarang makan. Sebaliknya, bayi yang sering menangis cenderung membuat orangtuanya tertekan dan lebih banyak menerima makanan."

Dr Kong mengatakan, hasil studi ini akan membantu para peneliti mengidentifikasi cara-cara untuk mendorong diet sehat pada anak-anak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini