Sukses

Mana yang Paling Cepat Bikin Gigi Kuning, Teh atau Kopi?

Semua orang mungkin tahu, kopi dan teh merupakan minuman yang memiliki banyak manfaat kesehatan namun, keduanya juga mengandung kafein.

Liputan6.com, Jakarta- Semua orang mungkin tahu, kopi dan teh merupakan minuman yang memiliki banyak manfaat kesehatan. Namun sayangnya, kandungan dalam keduanya bisa menyebabkan gigi berubah kekuningan.

Lantas, mana yang paling cepat mempengaruhi warna gigi? kalau Anda pikir kopi karena warna dan zat asamnya, Anda keliru.

Menurut dokter gigi Mervyn Druian di London Centre for Cosmetic Dentistry, dibandingkan kopi, ternyata teh lebih cepat menyebabkan gigi berubah warna menjadi  kekuningan. Kandungan tannin dalam teh disebut jauh lebih kuat daripada kafein pada kopi.

"Kopi mengandung tannin juga, tapi dalam jumlah yang lebih rendah. Gigi bisa bernoda bila Anda minum kopi lima sampai enam cangkir sehari," katanya, seperti dimuat Dailymail, Rabu (9/8/2016).

Jenis white coffee juga akan menodai gigi tapi tidak sekuat teh. "Tannin pada kopi hanya akan mempengaruhi biofilm dan tidak menembus enamel itu sendiri," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini