Sukses

Wanita, Jangan Sepelekan Rasa Sakit di Bagian Tubuhmu

Jika Anda mengalami salah satu gejala seperti di bawah ini, sebaiknya segera periksakan ke dokter

Liputan6.com, Jakarta Seringkali kita menyepelekan rasa sakit di satu bagian tubuh tertentu. Sakit di bagian perut atau tidur malam yang kurang, dianggap wajar yang membuat para wanita cuek dan tidak langsung memeriksakannya ke dokter.

Wanita harus tahu, gejala atau masalah kesehatan tertentu dapat menjadi tanda adanya sesuatu yang salah di dalam tubuh. Sebaiknya periksakan ke dokter agar Anda tahu apa yang sebenarnya dialami oleh tubuh Anda.

Dilansir dari cheatsheet, Sabtu (9/7/2016), jika Anda mengalami salah satu gejala seperti di bawah ini, sebaiknya segera periksakan ke dokter:

1. Tiba-tiba berat badan naik secara ekstrim


Jika berat badan terus naik walaupun tidak ada perubahan dalam mengonsumsi makanan setiap hari atau tidak ada perubahan dalam melakukan olahraga, mungkin ada sesuatu yang salah di tubuh Anda.

Untuk beberapa wanita, masalah ini disebabkan oleh kondisi yang disebut dengan sindrom ovarium polikistik, yang membuat hormon tubuh Anda tidak seimbang. Sebuah laporan mengatakan, mungkin akan sulit untuk menurunkan berat badan dengan kondisi ini.

Namun dalam beberapa kasus ekstrim, kenaikan berat badan yang drastis bisa disebabkan adanya tumor yang terletak di kelenjar adrenal yang disebut sindrom Cushing.

Namun sebelum Anda melompat pada kesimpulan, menurut Prevention, hal tersebut hanya mempengaruhi 1 orang dalam setiap 15 juta orang dewasa per tahun. Tetapi jika Anda juga melihat jumlah berat badan yang ekstrim disekitar bagian tengah tubuh dan terlihat stretch mark, mungkin Anda perlu untuk menjalani beberapa tes di rumah sakit.

2. Perubahan di payudara


Kebanyakan wanita berpikir, benjolan pada payudara adalah satu-satunya yang perlu dikhawatirkan. Menurut Everyday Health, cairan berdarah yang keluar dari puting dan ruam yang muncul terus-menerus juga bisa menandakan adanya kanker payudara. Namun perlu diingat, tidak semua tumor akan berubah jadi kanker. Untuk mengetahuinya Anda perlu melakukan biopsi.

Jangan langsung panik jika Anda merasakan sesuatu di payudara. WebMD menjelaskan, banyak wanita yang merasakan nyeri dan benjolan yang umum terjadi ketika sedang menstruasi. Namun jika Anda menyadari bahwa hal tersebut tidak kunjung menghilang setelah masa menstruasi selesai, lebih baik buat janji dengan dokter Anda.

3. Sakit perut yang tajam


Women’s Health mengatakan bahwa sakit tersebut dapat disebabkan adanya kista ovarium. Daripada panik mending lakukan yang terbaik yang Anda bisa untuk menganalisa nyeri secara lebih spesifik, karena mungkin saja itu pertanda dari sembelit. Untuk usus buntu, rasa nyeri terjadi di bagian kanan bawah perut Anda, dan untuk kedua penyakit lainnya, rasa nyeri biasanya terjadi secara intensif.

4. Nyeri saat buang air kecil


Kondisi ini lebih umum terjadi pada wanita dibandingkan pria karena perbedaan anatomi. Medscape menjelaskan, uretra wanita lebih pendek dari pria, sehingga bakteri dapat bekerja dan mempengaruhi kelamin wanita lebih mudah. Meskipun penyakit ini biasanya mudah untuk diobati, namun sebaiknya Anda tetap bertindak sesegera mungkin, untuk menghindari kerusakan pada ginjal.

Menurut Cleveland Clinic, hal ini bisa disebabkan oleh seks atau bahkan produk beraroma yang mungkin tidak cukup aman dan cocok untuk kulit Anda.

5. Rasa tidak nyaman di dada atau sesak napas


Wanita yang merasa sesak nafas pada dada mereka, sering tidak menyadari bahwa mereka sedang mengalami serangan jantung. Memang kedengarannya aneh, namun menurut American Heart Association, wanita dapat mengalami gejala sakit jantung lebih halus, sedangkan pria biasanya akan mengalami nyeri yang lebih jelas atau sesak di dada

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini