Sukses

Cara Jitu agar Anak Doyan Sayur

Liputan6.com, New Delhi Salah satu cara agar anak suka makan sayuran yakni dengan mengakrabkan dengan tokoh kartun berkarakter sayuran. Anak-anak yang biasa menonton tokoh karakter berbentuk timun atau wortel misalnya, cenderung menggemari sayuran tersebut.

"Jika kita berusaha mencoba cara makan sehat bagi anak-anak, lama kelamaan akan berhasil," tutur pemimpin studi dari Ohio State University, Amerika Serikat, Andrew Hanks.

Hal ini diketahui lewat analisis perilaku makan anak di 10 Sekolah Dasar di New York, Amerika Serikat. Di sebagian sekolah dipasang banner gambar kartun dengan tokoh berbentuk sayuran. Sementara itu di ruang makan sekolah lainnya diputar video kartun dengan tokoh karakter sayuran.

Ternyata pada sekolah dengan banner tokok berbentuk sayuran terjadi peningkatan asupan sayur sebesar 24 persen. Sementara itu, sekolah yang diputarkan video tokoh kartun berkarakter sayuran terjadi lonjakan asupan sayuran. Dari 10 persen menjadi 35 persen seperti dikutip laman Time of India, Jumat (8/7/2016).

Sehingga kehadiran tokoh kartun berkarakter sayuran mampu membuat anak-anak jadi lebih terdorong makan sumber pangan yang kaya vitamin dan mineral ini.

"Ini merupakan strategi penting. Ini akan berhasil dilakukan pada anak usia sekolah dasar, tapi saya ragu menggunakan cara ini pada anak usia SMP atau SMA," tutur Hanks lagi.

Loading