Sukses

Mandi Bisa Sembuhkan Eksim pada Anak?

Melihat anak mengalami gatal yang membuatnya terus menerus menggaruk menjadi mimpi buruk bagi orangtua.

Liputan6.com, Jakarta - Melihat anak mengalami gatal yang membuatnya terus menerus menggaruk menjadi mimpi buruk bagi orangtua. Bisa jadi anak tersebut menderita eksim.

Dan diketahui selama bertahun-tahun, mandi setiap hari dapat membantu anak meredakan gatal pada eksim. Dokter pun memeriksa bukti-bukti secara medis dan mengatakan tidak masalah anak yang menderita eksim mandi setiap hari, asalkan tidak terlalu banyak memakai sabun.

Kemudian, keringkan badan anak sehabis mandi, dan olesi dengan pelembab-itu baik untuk kulit kering, dilansir laman Dailymail, Kamis (30/6/2016).

Para peneliti mengatakan dokter ditanya tentang risiko dan manfaat mandi setiap hari selama lebih dari 100 tahun-tetapi orangtua belum mendapatkan tanggapan yang konsisten. Penulis The paper's lead, Dr Ivan Cardona, seorang ahli alergi di Portlant, Maine, mengatakan, "Sejumlah kelompok medis telah berkomentar tentang peran umum mandi saat eksim. Tapi mereka tidak semua setuju pada praktik mandi."

Ia melanjutkan, eksim terjadi karena kulit sangat kering. Dan beberapa profesional medis berpikir mandi jarang adalah cara terbaik untuk menghindari iritasi kulit.

Mereka percaya mandi jarang membantu menjaga kulit terhidrasi karena menghindari penguapan konstan air. Mandi jarang juga sedikit menggunakan sabun yang dapat memperburuk eksim.

Namun ada juga yang percaya sering mandi membersihkan kotoran dan badan yang berkulit sangat kering membutuhkan hidrasi. Setelah mandi, olesi dengan pelembab, merupakan langkah yang paling penting untuk memperoleh kulit yang lembab.

 

https://www.vidio.com/watch/312017-anak-mandiricara-mendidik-anak-agar-menjadi-anak-mandiri-sesuai-tahapan-usianya

Ingin mendapatkan informasi terbaru tentang Ramadan, bisa dibaca di sini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.