Sukses

3 Trik Mudah Cegah Zat Kimia Penyebab Kanker

Liputan6.com, Jakarta Bukan rahasia lagi bahwa zat kimia mempunyai dampak yang buruk bagi tubuh manusia. Sebagian besar zat kimia diklaim dapat mendatangkan efek samping berupa penyakit, salah satunya adalah kanker.

Untuk mencegah paparan zat kimia ini, ada trik yang bisa Anda lakukan, seperti dikutip Eartheasy, Sabtu (21/3/2016) berikut ini:

1. Menghindari rokok dan asapnya

Rokok memang dianggap sebagai bahan berbahaya yang menurunkan kesehatan tubuh penggunanya. Tidak hanya itu saja, asap yang dikeluarkan dan dihirup oleh orang-orang disekeliling akan membahayakan organ pernapasan. Sedangkan bagi perokok langsung, sat aktif berbahaya seperti nikotin dapat merusak tubuh.

 

2. Memperhatikan asupan makanan

Mengonsumsi makanan tidak boleh sembarangan. Apalagi jika masakan itu diperoleh dari luar rumah yang kita tidak tahu cara pengolahannya secara pasti.

Makan-makanan junk food atau cepat saji, minuman bersoda, makanan instan merupakan kebiasaan yang bisa memicu terjadinya kanker dalam tubuh manusia. Untuk itu, menghindarinya dan menggantinya dengan perbanyak sayur dan buah akan meningkatkan kesehatan.

3. Mengurangi penggunaan wadah plastik

Penggunaan plastik sebagai wadah makan dan minuman akan sangat berbahaya. Beberapa jenis plastik tertentu yang tidak memiliki kode jelas biasanya tidak tahan panas. Paparan plastik ini akan membuat bahan molekul dalam plastik terurai dan menjadi bahan yang bersifat karsinogenik. Contohnya Bisphenol-A dan Phthalate. Untuk menghindari paparan zat kimia berbahaya, disarankan menggunakan wadah dari kaca atau logam stainless steel.