Sukses

Catat, 10 Makanan yang dapat Tingkatkan Kesehatan Jantung

Liputan6.com, Jakarta Dalam dunia yang serba instan, kita dituntut untuk hidup lebih sehat. Sayangnya, sejumlah makanan yang beredar di pasaran tidak memiliki jaminan penggunaan pengawet atau bahan berkualitas.

Namun ada beberapa pilihan makanan yang dapat mempengaruhi kesehatan jantung, energi dan mengendalikan nafsu makan. Apa saja? berikut ulasannya, seperti dikutip Livestrong, Sabtu (23/4/2016):

1. Semangka

Selain menyegarkan, mengunyah sepotong semangka juga dapat menyehatkan jantung. Ahli jantung dari Dallas-Fort Worth Metroplex, Dr Sarah Samaan mengatakan, semangka merupakan buah yang rendah kalori, tinggi serat dan sumber antioksidan. Buah ini juga memiliki lycopene yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker.

"Semangka juga memasok citrulline, yang dapat meningkatkan kesehatan pembuluh darah dan bahkan mungkin memiliki manfaat bagi orang-orang dengan disfungsi ereksi dan diabetes. Buah ini juga merupakan sumber vitamin C dan A, serta kalium dan magnesium," ujarnya.

2. Yogurt

Seorang dokter dan kepala medis di Boardvitals.com, Dr Andrea Paul, mengungkap bagaimana yogurt dapat melindungi penyakit gusi, yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Selain mengurangi risiko penyakit jantung, kata dia, yogurt mengandung antioksidan, vitamin, serat dan probiotik yang bermanfaat untuk kesehatan secara keseluruhan. Tambahkan buah segar atau beku saat menikmati yogurt ya.

3. Tomat

Seperti halnya semangka, tomat kaya akan lycopene yang dapat melindungi jantung. Selain itu, vitamin C didalamnya juga bekerja sebagai antioksidan yang akan melindungi sel-sel Anda dari kerusakan.

4. Avokad

Siapa yang tidak suka buah favorit ini. Menurut seorang ahli diet, Bridget Swinney, avokad merupakan sumber kalium, mineral yang dapat mengendalikan tekanan darah.

Selain itu, buah ini juga mengandung sumber vitamin C, serat dan karotenoid yang dapat menurunkan risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular. Sebuah penelitian menemukan, avokad mampu membantu tubuh menyerap antioksidan lain ketika dimakan dengan sayuran seperti bayam dan wortel.

5. Berries

Buah berry sudah terkenal memiliki antioksidan tinggi dan yang bagus untuk menjaga jantung Anda tetap sehat. Berbagai macam buah berry dapat meningkatkan kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kolesterol jahat serta menurunkan tekanan darah Anda.

 

 

6. Kacang

Hanya mengonsumsi setengah cangkir kacang sehari akan menjaga jantung Anda tetap sehat, menurut ahli gizi dari Georgia, Dr. Keith Kantor.

"Serat larut adalah alasan utama mengapa kacang bermanfaat bagi jantung Anda. Serat ini dapat mengikat kolesterol dan menjaga makanan yang diserap dalam usus. Selain itu kacang mengandung folat, magnesium, kalsium, asam lemak omega-3 dan vitamin B-kompleks yang merupakan semua nutrisi penting untuk menjaga jantung Anda sehat.

7. Kenari

"Makan dua ons kacang kenari sehari telah terbukti meningkatkan fungsi pembuluh darah pada orang dengan diabetes dan juga melindungi diri kita dari risiko penyakit jantung," kata ahli diet, Bridget Swinney. Menurut dia, segenggam kacang juga dapat menurunkan kadar kolesterol dan membantu memuaskan rasa lapar.

8. Salmon

Studi menunjukkan mengonsumsi ikan secara teratur setiap minggu, menurunkan risiko penyakit jantung hingga 30 persen lebih.

Kantor menuturkan, ikan seperti salmon mengandung omega-3 lemak yang dapat menurunkan tekanan darah dan dapat membantu mencegah irama jantung yang tidak teratur, serta mengurangi peradangan di seluruh tubuh.

9. Almond

Almond merupakan pilihan cerdas untuk menjaga kesehatan jantung. Menurut Direktur pengobatan pencegahan penyakit kardiovaskular di Palm Beach Cardiovascular Clinic di Florida, Dr Chauncey W. Crandall IV, segenggam almond sehari telah terbukti menurunkan kolesterol LDL.

Almond mengandung vitamin E, serat dan protein - semua nutrisi yang dibutuhkan untuk menjaga jantung Anda dalam keadaan prima. 

10. Oatmeal

Gandum murni akan menjaga jantung Anda sehat dan membantu Anda untuk menjaga berat badan. "Mulailah hari Anda dengan semangkuk oatmeal," kata ahli diet Bridget Swinney.

Setidaknya, kata dia, oatmeal akan membantu dengan mengontrol berat badan dan selanjutnyamenurunkan risiko penyakit jantung dan stroke. "

Loading