Sukses

Flu, Lakukan Ini Sebelum Naik Pesawat

Saat flu rasanya memang sangat tidak menyenangkan jika harus naik pesawat. Ada baiknya lakukan persiapan khusus.

Liputan6.com, Batam Saat flu melanda rasanya memang tidak menyenangkan terlebih bagi mereka yang akan melakukan perjalanan menggunakan pesawat terbang. Tekanan udara di ketinggian menimbulkan rasa nyeri pada telinga.

Telinga dan hidung memang terhubung lewat tuba eustachius atau saluran yang menghubungkan telinga bagian dalam dengan rongga belakang hidung dan tenggorokan bagian atas. Ketika pilek, hal ini membuat udara dari hidung dan tenggorokan tidak bisa masuk dengan bebas sehingga muncul nyeri pada telinga. 

"Orang yang sinus atau flu berat pasti akan ter-blocking, makanya telinga jadi sakit. Dan terasa paling sakit ketika pesawat menurun," tutur dokter yang bertugas di Kantor Kesehatan Pelabuhan Wilker Bandara Hangnadim, Batam, Loli Sofyan pada Kamis (21/4/2016).

"Oleh karena itu sebaiknya sebelum naik pesawat mengonsumsi dekongestan yang berfungsi sebagai antiflu, mengurangi keluhan di hidung," terang dokter Loli.

Lalu, pemberian permen di beberapa maskapai penerbangan pun memiliki manfaat yakni membuat ada refleks menelan. Hal ini akan membantu membuka tekanan udara di telinga seperti dituturkan dokter Loli.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini