Sukses

6 Trik Hilangkan Jerawat secara Efektif

Mencuci wajah dengan air bersih ternyata bukan cara yang maksimal usir jerawat. Pakai bahan berikut ini yang efektif usir jerawat.

Liputan6.com, Jakarta Mengusir segala kotoran yang tersisa di permukaan kulit tak cukup hanya dengan mencuci muka dengan menggunakan air bersih, walaupun sudah disertai dengan beberapa produk perawatan wajah dan kecantikan. Terlebih jika Anda memiliki kulit yang rentan akan jerawat, Anda perlu menerapkan trik khusus.

Mengutip laman India Times, Rabu (13/4/2016), beberapa bahan alami seperti yogurt, madu, teh hijau dan beberapa trik lainnya dapat dijadikan sebagai alat pengusir jerawat juga menjaga kecantikan kulit wajah wanita. 

Berikut trik pengusir jerawat yang bisa Anda terapkan:

1. Gunakan es batu

Es batu dipercaya dapat menolong kondisi bengkak di beberapa area tubuh. Ternyata, es batu juga dapat digunakan untuk mengurangi peradangan kulit akibat jerawat. Jika jerawat muncul di wajah, ambillah satu bongkah es batu dan oleskan pada area jerawat.

2. Gunakan pelembab

Pelembap tak hanya memberikan efek lembap pada kulit. Menggunakan pelembap secara rutin mampu membantu menyingkirkan jerawat dari area wajah. Namun pilihlah pelembap yang berbahan dasar air untuk mengurangi kadar minyak di wajah.

3. Yogurt

Menurut penelitian, mengonsumsi yogurt dapat membantu diet dan melancarkan pencernaan. Namun penelitian yang dimuat di Medical Daily menemukan, jerawat dapat disembuhkan dengan menggunakan probiotik dari yogurt.

4. Hindari gula dan susu

Sejumlah penelitian baru-baru ini mengatakan, makanan tinggi glikemik yang mengandung susu dapat memicu jerawat. Untuk mengganti gula dan susu, peneliti menganjurkan untuk mengonsumsi buah-buahan segar dan sayuran yang banyak, sebab jenis makanan tersebut lebih efektif dalam mengendalikan jerawat.

5. Oleskan madu

Jika Anda memiliki beberapa jerawat pada wajah, cobalah untuk menerapkan beberapa olesan madu. Madu dapat membantu menghancurkan bakteri yang menyebabkan jerawat.

6. Minum teh hijau

Teh hijau yang biasanya diminum di pagi atau sore hari ternyata berkhasiat untuk mengurangi produksi sebum yang mengakibatkan jerawat.

Tak hanya dikonsumsi, dengan mengoleskan teh hijau di area berjerawat dapat menguangi peradangan dan pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini