Sukses

9 Kunci Rahasia agar Wanita Selalu Bahagia

Liputan6.com, Jakarta Terkadang kita terjebak dalam situasi yang kurang menyenangkan, misalnya cuaca yang tidak mendukung ditambah pekerjaan kantor yang menumpuk serta deadline yang semakin mendekat. Mustahil untuk bisa tersenyum dan bahagia saat berada dalam situasi semacam itu bukan?

Selama kita masih bernapas, kita akan selalu bertemu dengan situasi atau kondisi yang kurang menyenangkan. Tapi bukan berarti dampaknya tak bisa dinetralisir. Ada 9 cara yang bisa Anda terapkan agar tetap menjadi wanita bahagia seperti dilansir dari laman Purewow, Sabtu (9/4/2016) berikut:

1. Latihan bersyukur

Anda telat bangun, ada serbuan email yang belum sempat dibaca, sementara kondisi rumah masih berantakan. Alih-alih stres menghadapinya, sisihkan waktu sejenak untuk mensyukuri waktu 20 menit yang Anda miliki untuk menikmati secangkir teh hangat di tangan, baju tidur yang nyaman, serta ritual mandi yang menyegarkan sebelum bergegas ke kantor. Meski 20 menit itulah waktu yang Anda miliki untuk benar-benar bisa "menikmati" hidup, syukurilah. Setidaknya Anda masih mendapatkannya.

2. Berolahraga setiap hari

Melakukan latihan kardio setidaknya 30 menit setiap hari tak hanya membuat Anda lebih bugar dan ramping, melainkan juga melepaskan hormon endorfin. Dengan begitu Anda akan lebih tenang dan bahagia sepanjang hari.

3. Cukup tidur

Begadang dan menghabiskan waktu menonton serial tv favorit mungkin saja membawa kebahagiaan tersendiri. Tapi tidak pada pagi hari setelahnya. Kurang tidur akan membuat mood kacau. Disiplin menjaga waktu tidur setidaknya menjaga Anda tetap mendapat tujuh hingga delapan jam waktu tidur dan menjaga mood tetap baik.

4. Tak terlalu mengambil hati

Hanya karena atasan menegur Anda di rapat bukan berarti Anda harus muram seharian. Biarkan energi positif mengalir dari diri Anda dan pastikan Anda tetap bisa berinteraksi dengan menyenangkan dan bahagia dengan orang-orang di sekitar.

5. Membawa keceriaan

Carilah cara untuk mencerahkan keseharian Anda, baik itu di rumah, di kantor, atau dalam kendaraan dengan membuka kaca jendela, menambah tanaman atau vas berisi bunga di sudut rumah. Ketika Anda berada dalam ruangan yang cerah dan menyenangkan, nyaris tak mungkin untuk merasa kesal.

6. Main dengan hewan peliharaan

Orang yang memiliki hewan peliharaan terbukti secara umum lebih bahagia ketimbang mereka yang tak memilikinya. Jadi bermainlah dengan peliharaan Anda setidaknya sekali dalam sehari untuk meningkatkan mood positif.

7. Meditasi

Luangkan waktu 15 menit untuk duduk diam dengan mata terpejam sebelum memulai hari Anda. Bisa jadi Anda harus menunda alarm menjerit sebelum beranjak ke kamar mandi, tapi peneliti membuktikan Anda akan bisa melihat dampak positif rutin bermeditasi selama seminggu terhadap penurunan kadar stres

8. Dahulukan diri sendiri

Bila Anda bertemu sahabat untuk makan siang dan menghabiskan waktu dengan membicarakan betapa stres dan lelahnya Anda, dia pun akan tertular mood buruk Anda. Baiknya luangkan waktu untuk diri sendiri, entah itu dengan memanjakan diri di salon atau membaca buku untuk meningkatkan energi dan mood Anda. Keluarga dan teman-teman Anda akan paham bila Anda sesekali memerlukan waktu untuk diri sendiri.

9. Tak perlu takut marah

Saat Anda menghadapi masalah, ketimbang menahan stres atau mengingkari hal itu lebih baik beri waktu bagi diri sendiri untuk marah. Anda boleh meninju bantal, mandi dengan air panas, atau apa pun yang sekiranya diperlukan untuk melepas kekesalan (asal bukan melepaskannya pada pasangan atau orang-orang terdekat). Mood kesal akan berlalu dan Anda akan merasa jauh lebih baik setelah melepas energi negatif itu.