Sukses

Tingkatkan Sistem Imun Tubuh dengan Cara Ini

Liputan6.com, Jakarta Cara paling baik agar tetap sehat adalah menjaga daya tahan atau sistem imun tubuh. Dengan pola makan dan pilihan makanan yang tepat, Anda bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan terhindar dari penyakit.

Berikut beberapa pola makan yang bisa diterapkan untuk meningkatkan imun tubuh, dikutip dari laman Abouthealth, Senin (4/4/2016):

1. Hindari makan berlebih

Terus-menerus makan berlebih bisamemengaruhi sistem imun tubuh. Salah satu cara untuk menghindari makan berlebih adalah dengan mempraktikkan makan perlahan hingga Anda merasa 80 persen kenyang.

2. Kurangi lemak jenuh dan asam lemak omega-6

Terlalu banyak mengonsumsi makanan mengandung lemak jenuh dan asam lemak omega-6  bisa mengganggu sistem pencernaan dan sistem imun. Lemak sehat memang penting untuk pola makan apa pun, namun sebaiknya berhati-hati mengonsumsi lemak hewani.

3. Hindari gula berlebih

Menambahkan gula dan diet tinggi tingkat glikemik bisa mengurangi fungsi sel darah putih dan menyebabkan tubuh mudah mengalami inflamasi.

4. Cukup protein

Kekurangan protein bisa menurunkan sistem imun tubuh. Setidaknya pria harus mengonsumsi dua kepal makanan kaya protein setiap makan, sementara wanita cukup satu kepal tangan.

5. Makanan sewarna pelangi

Defiensi nutrisi biasa terjadi di antara para penganut pola makan sehat. Untuk menjaga sistem imun tetap baik, Anda perlu asupan vitamin dan mineral yang maksimal. Mengonsumsi sayuran segar berwarna-warni adalah cara terbaik untuk menjaga asupan nutrisi tubuh tetap terpenuhi.