Sukses

Sarapan Bubur Ayam, Sudah Menyehatkan Belum?

Liputan6.com, Jakarta Bubur ayam sering dijadikan sebagai menu andalan sarapan bagi sebagian orang. Meski sudah lumayan untuk mengisi perut setelah semalaman kosong, namun belum dikatakan sebagai sarapan sehat.

"Kalau bubur ayam itu kan isinya nasi bubur, kemudian ayamnya terkadang hanya sebagai aksesoris saja. Lalu belum ada sumber vitamin dan mineralnya," tutur Ketua Umum PERGIZI PANGAN, Prof Hardinsyah dalam kampanye "Sarapan Sehat Sebelum Jam 9" yang digelar Energen di Jakarta pada Minggu (20/3/2016).

Menurut Prof Hardinsyah, sarapan sehat itu terdiri atas karbohidrat, lauk-pauk, serta vitamin dan mineral. Sementara itu bubur ayam yang sebagian besar hadir di Pula Jawa kekurangan vitamin dan mineral.  

"Berbeda dengan bubur Manado yang lebih kaya dalam sepiring mangkuknya. Lebih komplit isinya, sayurannya berwarna," tambah Prof Hardinsyah.

Di dalam bubur Manado biasanya terdapat nasi bubur, jagung manis pipilan, singkong dadu, labu kuning, daun gedi, bayam, kemangi dilengkapi dengan ikan asin jambal.

Loading