Sukses

Tidak Mungkin Seorang Ibu Tidak Menghasilkan ASI

Apakah benar seorang ibu yang tidak memberi ASI eksklusif karena ketidakmampuan menghasilkan ASI?

Liputan6.com, Jakarta Direktorat Bina Gizi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Doddy Izwardy mengatakan, tidak mungkin seorang ibu tidak memiliki air susu ibu (ASI). Seharusnya tidak ada alasan bagi seorang ibu untuk tidak memberikan si Kecil ASI eksklusif selama dua tahun.

"Tidak keluar air susu itu tidak mungkin. Tuhan itu sudah menjamin semuanya," kata Doddy di Kantor DPP PDI Perjuangan, Jakarta Pusat, ditulis Sabtu (19/3/2016)

 



Itulah mengapa seorang ibu harus segera memberikan si Kecil IMD (inisiasi menyusui dini) kurang dari satu jam. "Anak manusia itu waktu dilahirkan harus bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar. Makanya kenapa bayi waktu lahir menangis. Artinya, keras dunia yang dia lihat itu, harus ada dilindungi oleh ibu," ujar Doddy.

IMD, jelas Doddy, adalah pertemuan antara bayi yang baru dilahirkan secara partus ditempelkan ke badan badan ibu akan menghilangkan rasa sakit si bayi dan si ibu.

"Jadi, ketemu putingnya kurang dari satu jam memberi manfaat yang besar untuk hasil ASI yang maksimal. Ini yang seringkali gagal," kata Doddy.

Di situlah kunci awal seorang bayi bisa diberi ASI eksklusif atau menyusui. "Namun seringnya gagal," kata Doddy.

"Tapi, kalau bayi yang dilahirkannya sangat kecil, punya risiko yang sangat berat, si ibunya juga tak berdaya ini yang sering terjadi di ruangan kecil yang kita tidak sadar di kemudian hari dampaknya luar biasa," kata Doddy menekankan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini