Sukses

Ini Alasannya Kenapa Saat Flu Harus Banyak Minum

Mungkin orangtua kita sering menasihati, ketika sedang flu sebaiknya banyak minum.

Liputan6.com, Jakarta Mungkin orangtua sering menasihati, ketika sedang flu sebaiknya banyak minum. Alasan ini memang tidak bisa dijelaskan, tapi hal ini dibenarkan pakar gizi.

"Saat sedang flu, ada yang disertai demam dan tidak. Masalahnya, flu itu menyebabkan keluarnya banyak cairan tubuh, ada yang mengental dan bisa sampai satu gelas setengah hari. Belum lagi kalau demam, kita membutuhkan banyak cairan," kata Ketua Umum PERGIZI Pangan Indonesia, Prof Hardinsyah saat ditemui wartawan, ditulis Jumat (18/3/2016).

Menurut Hardinsyah, air minum berguna untuk menjaga mempertahankan suhu tubuh agar tetap normal di kisaran 36-37 derajat Celsius. Untuk itu disarankan minum air sesuai dengan suhu tubuh saat sedang flu.

"Kalau kita ingin air cepat diserap tubuh, baiknya air minum sedikit hangat. Karena kalau air dingin perlu proses di lambung sehingga membutuhkan waktu bagi tubuh untuk beradaptasi," pungkasnya.

Sebelumnya, sejumlah rekomendasi kesehatan juga diungkapkan Spesialis Kedokteran Olahraga dr Michael Triangto. Menurutnya, saat sedang flu sebaiknya menghindari minuman berenergi.

"Mengonsumsi minuman berenergi saat flu akan membuat denyut jantung berlebihan sehingga membuat peminumnya merasa tak nyaman dan tak bisa berkonsentrasi," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini