Sukses

7 Kondisi Kuku Tangan Tandai Penyakit yang Sedang Mengintai

Warna kuku adalah penanda kesehatan Anda

Liputan6.com, Jakarta Warna kuku dapat dijadikan sebagai penanda status kesehatan seseorang. Jika Anda menemukan indikasi pada kuku berupa patch putih atau hitam dan garis-garis halus atau semburat warna kuning atau biru, saatnya Anda mengunjungi dokter dan mencari tahu penyakit apa yang ada di tubuh Anda.

Inilah warna-warna kuku dan indikasi terkait penyakit yang ada di tubuh kita seperti dikutip dari Boldsky, Senin (22/2/2016):

1. Berubah tebal dan kuning

Jika kuku Anda berubah menjadi kuning dan tebal, saatnya Anda melakukan pemeriksaan paru-paru. Ini merupakan indikasi, Anda mungkin mengembangkan sindrom kuku kuning, rentan terhadap penyakit paru-paru seperti bronkitis kronis.

2. Rapuh dan tipis serta bau

Biasanya didiagnosis gangguan tiroid. Jika tiroid terlalu tinggi, kuku dapat lepas dari akarnya. 

3. Di beberapa area berwarna putih

Itu tanda rendahnya sel darah merah di tubuh. Ini berarti, sudah waktunya Anda mengonsumsi makanan yang tinggi zat besi. Daerah putih pada kuku disebut leukonikia.

4. Kuku gelap atau biru gelap

Kuku gelap berarti Anda kekurangan aliran udara dan tidak mendapat suplai oksigen yang cukup ke bagian tubuh. Kondisi ini disebut penyakit Raynaud yang menyebabkan masalah pembuluh darah.

5. Kuku rusak

Bisa jadi Anda menderita psoriasis. Lihat permukaan kuku yang tak teratur bisa menyebabkan arthritis inflamasi atau penyakit tiroid.

6. Merah yang pucat

Sudah saatnya Anda memeriksa jantung. Sebab, tanda merah pucat pada kuku bisa menjadi indikasi jantung Anda dalam masalah. Ini bisa menjadi munculnya sejumlah kondisi jantung dalam tubuh.

7. Lihat garis kuku

Garis kuku ini disebut garis Beau. Ini bisa dijadikan tanda bahwa Anda stres.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.