Sukses

Ternyata Kurang Serat Mampu Ganggu Kesehatan Tubuh

Serat juga mampu halang penyakit pada tubuh manusia

Liputan6.com, Jakarta Serat yang sering kali dijumpai dalam makanan berasal dari sayuran, buahan, dan biji-bijian yang terdiri dari polisakarida (karbohidrat kompleks).

Fungsi dari serat untuk tubuh adalah pada proses pencernaan, karena serat itu sendiri sebenarnya tak begitu memberikan nilai gizi bagi tubuh.

Namun seperti dilansir dari Prevention, Sabtu (20/02/2016) nyatanya tubuh pun tetap memerlukan serat, terutama dari kacang-kacangan. Jika tidak peroleh serat dengan cukup maka ragam risiko penyakit berikut mungkin menyerang tubuh Anda.

1. Mudah lapar

Mengonsumsi kacang dengan ukuran yang sesuai dengan tubuh dapat memberikan rasa kenyang pada perut Anda. Hal ini terjadi akibat peran serat yang mampu memperlambat rasa lapar berlebihan.

2. Risiko serangan jantung

Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi banyak serat semakin kecil kemungkinan seseorang miliki kolesterol tinggi.

Serat tidak dapat merusak tubuh manusia. Justru serat mampu membantu kolesterol yang menempel dalam tubuh lewat sistem pencernaan.

Tak hanya itu, serat diyakini dapat membantu penurunan berat badan secara baik.

3. Berdampak pada gula darah

Penelitian besar yang dilakukan Harvard School Of Public Health menemukan bahwa sebagian besar orang yang kurang serat, gula darahnya meningkat dengan cepat, bahkan lebih dari dua kali lipat sehingga berisiko diabetes tipe 2.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini