Sukses

Pasien Kanker Baiknya Hindari Makanan Bersifat Asam

Liputan6.com, Jakarta Pasien kanker sebaiknya tak sembarangan mengonsumsi makanan. Menurut dokter yang juga praktisi pengobatan integratif, Paulus W. Halim pasien kanker sebaiknya menghindari makanan yang bersifat asam.

"Bahan pangan yang bersifat asam akan menjadikan tubuh seperti tanah yang subur bagi pertumbuhan sel-sel kanker," terang dokter Paulus dalam acara kanker yang digelar Gunnebo bekerja sama dengan Komunitas Organik Indonesia.

Ia pun menyarankan pasien kanker untuk tidak mengonsumsi daging hewan berkaki empat, daging unggas, gula rafinasi, kopi, dan minuman beralkohol.

Pada daging hewan berkaki empat misalnya, pada saat dipotong hormon yang terkait stres, yakni kortisol dan adrenalin meningkat. Pada saat pasien kanker mengonsumsi daging tersebut, berarti ia mengonsumsi hormon stres. Hal ini berdampak pada penurunan daya tahan tubuhnya. Sehingga perkembangan sel kanker jadi lebih cepat seperti diterangkan dokter Paulus di Jakarta pada Kamis (18/2/2016).

Ia pun menyarankan untuk mengonsumsi makanan seperti buah dan sayur serta menghindari makanan yang diawetkan dan dibekukan.