Sukses

Be Healthy : Cara Menyikat Gigi yang Benar

Bagaimana cara menyikat gigi yang benar? Simak tips singkatnya berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Abai menjaga kebersihan mulut dan gigi tak hanya berdampak pada kesehatan mulut dan gigi seperti infeksi dan bau mulut melainkan juga bisa meningkatkan risiko terkena penyakit kardiovaskuler, stroke, kanker, juga disfungsi ereksi. 

Mulut manusia merupakan sumber microbiome seperti virus, jamur, dan bakteri. Bakteri dalam mulut mengubah sisa-sisa makanan yang tersisa pada gigi menjadi senyawa asam sehingga menyebabkan gigi berlubang. Sementara gigi berlubang yang mengalami infeksi bisa menyerang jantung, gangguan pernapasan, stroke hingga infeksi otak.

Cara paling umum menjaga kebersihan gigi adalah dengan rutin menyikat gigi. Menurut hasil Riset Data Kesehatan Kementerian Kesehatan 2013, ada 94,2 persen dari jumlah sampel keseluruhan 1.027.763 orang di 15 provinsi di Indonesia yang menyikat gigi. Namun yang yang melakukannya secara benar seperti setelah makan pagi dan sebelum tidur malam hanya berjumlah 2,3 persen.

Jadi, bagaimanakah cara menyikat gigi yang benar? Drg Erny Carolita memberi tips cara menggosok gigi yang benar dalam program Be Healthy, berikut :

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.