Sukses

Ibu Perlu Cermati Hal Ini Saat Sarankan Anak untuk Diet

Bagaimana membicarakan diet dengan seorang anak?

Liputan6.com, Jakarta Ketika ibu mendiskusikan mengenai masalah diet dan berat badan dengan putrinya, ibu harus membicarakan mengenai masalahnya juga. Jika tidak, anak tidak akan mempedulikannya dan tak akan efektif menjaga berat badan ideal.

"Kami menemukan, anak perempuan yang didorong untuk menurunkan berat badan oleh ibu mereka hasilnya lebih buruk jika ibunya tidak membaca mengenai keprihatinan terhadap berat badan mereka sendiri," kata salah seorang peneliti Erin Hillard dari University of Notre Dame di Indiana, dikutip dari situs Times of India, Minggu (27/12/2015)

Alih-alih berat badannya turun, anak justru berisiko mengalami gangguan pola makan jika ibu keliru dalam menyampaikan anjuran diet.

"Anak-anak perempuan yang didorong untuk menurunkan berat badan namun ibu mereka juga tak menyampaikan masalah berat badannya sendiri berisiko mengembangkan gangguan makan (eating disorder), berdasarkan data yang dikumpulkan dari kebiasaan diet dan keinginan untuk kurus pada anak-anak kelas delapan," jelas Hillard.

Hasil terbaik justru ditemukan pada anak perempuan yang ibunya juga terlibat membahas permasalahan yang sama. Selain itu, juga penting membahas cara diet yang tidak mengarah ke hasil yang buruk dalam jangka panjang bersama anak.

Studi ini telah dipublikasikan ke dalam jurnal Body Image.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini