Sukses

Diet Golongan Darah Percepat Sembuhnya Jerawat?

Selain melakukan perawatan kecantikan, diet sehat juga membantu mengobati jerawat. Salah satu diet yang efektif adalah diet golongan darah.

Liputan6.com, Jakarta Selain melakukan perawatan kecantikan, diet sehat juga membantu mengobati jerawat. Salah satu diet yang efektif adalah diet golongan darah.

Seperti disampaikan dr. Titi Fauzia Moertolo, SpKK, dalam penelitiannya, pasien yang melakukan perawatan sambil menjaga makan berdasarkan golongan darah, memiliki hasil yang cukup signifikan. 

"Selain menjaga kebersihan, perawatan muka dengan cleanser dan masker khusus dari daun antanan atau pegagan (Centella asiatica (L.) Urban), pasien berjerawat perlu menjaga makannya dengan diet golongan darah," katanya.

Dalam penelitian, setiap golongan darah memiliki tingkat toleransi yang berbeda–beda terhadap makanan tertentu. Hal ini menunjukkan hubungan kondisi kulit dan diet.

Kendati demikian, kata Titi, yang terpenting dalam menjaga kulit agar tidak berjerawat adalah menghindari penggunaan kosmetik yang tidak tepat. Sebab hal ini cenderung akan menyebabkan jerawat semakin parah dan memicu skar di wajah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini