Sukses

Periksa Jantung Baiknya Jelang Ulang Tahun

Liputan6.com, Jakarta Penanggulangan penyakit jantung yang palng tepat adalah dengan melakukan pencegahan (preventif). Caranya, yakni dengan melakukan pemeriksaan jantung minimal setiap saat Anda akan berulang tahun.

"Check up setiap tahun. Jadikan hadiah ulang tahun dengan memastikan jantung benar-benar sehat," kata dr Dolly RD Kaunang SpJP SpKP bagian medis pengurus pusat yayasan jantung Indonesia dalam diskusi MICS 2015 di OMNI Hospitals, Alam Sutera, Tangerang, Banten, Kamis (9/12/2015).

Dolly menekankan bahwa mencegah lebih baik dari mengobati. Menurutnya, kualitas hidup menjadi obat paling mujarab mengatasi penyakit jantung.

"Harus bisa mengendalikan makan dan tetap olahraga yang teratur dan terukur," kata Dolly yang berharap olahraga rutin kembali digalakkan seperti zaman orang tua dulu. Sebab, gaya hidup sehat sangat penting. Termasuk mampu mengendalikan emosi dan ketegangan batin dengan konsisten.

"Pokoknya sedia payung sebelum hujan. Jangan sampai jadi orang yang gemuk, berlemak, kolesterol tinggi, dan diabetes. Semua itu berisiko tinggi serangan jantung," kata Dolly.