Sukses

7 Tanda Anda Harus Segera Minum Air Putih

Liputan6.com, Jakarta Air sangat penting bagi tubuh. Selain untuk menjaga daya tahan tubuh, memperlancar aliran darah dan fungsi otak, air juga yang membuat energi kita stabil.

Kekurangan cairan atau dehidrasi menyebabkan organ-organ tubuh tidak berjalan lancar. Tubuh perlu kebutuhan cairan yang cukup.
Banyak yang mengatakan delapan gelas sehari cukup, tapi hal tersebut kurang tepat.

“Sebenarnya tidak ada ukuran mengenai jumlah cairan dalam tubuh. Kondisi cuaca serta pola makan dan berolahraga menjadi faktor utama banyak air yang dibutuhkan tubuh,” terang dokter spesialis penyakit dalam dari Baltimore, Amerika Serikat, Dana Simpler.

Ini tujuh tanda Anda harus segera minum seperti dikutip dari laman Safebee ditulis Selasa (3/11/2015),

1. Haus
Ini adalah hal yang paling mudah kita rasakan yang menandai tubuh butuh minum air putih. Rasa haus sangat berhubungan dengan seperti apa kurangnya cairan dalam tubuh Anda.

2. Mabuk
“Jika Anda terlalu banyak minum tadi malam, maka hari Anda ini perlu minum satu liter atau lebih banyak air putih daripada biasanya Anda minum” saran dokter osteopathy dari Southeast Colorado Hospital, Ralph E Holsworth.

3. Pusing
Jika Anda merasa pusing, bisa jadi Anda mengalami dehidrasi. “Lekas hentikan kegiatan dan beristirahatlah, lalu minumlah air putih, yang akan menggantikan cairan yang hilang, Minum akan membantu Anda merasa lebih nyaman” kata ahli diet dari Washington DC, Amerika Serikat, Lisa Katic.

2 dari 2 halaman

Sembelit

4. Urin kuning gelap
Urin berwarna kuning gelap indikator sedang kekurangan cairan. Idealnya urin berwarna kuning pucat atau menyerupai air putih. “Untuk mengatasinya minum air putih setiap satu jam,” terang Lisa Katic lagi.

 

Status hidrasi berdasarkan warna urine.

5. Kelelahan
Darah dan cairan tubuh sebagian besar terdiri dari air, jadi jika dehidrasi, jantung harus memompa lebih keras untuk membawa darah ke seluruh tubuh. Sehingga menimbulkan rasa lelah.

6. Tidak bisa konsentrasi
Dehidrasi mengganggu kemampuan untuk fokus dalam mengerjakan hal tertentu. Dengan minum air putih, ketersediaan cairan tubuh akan tercukupi.

7. Sembelit
Jika Anda dehidrasi, tinja menjadi lebih sulit untuk dikeluarkan. Jadi segeralah minum jika terjadi sembelit.